Gapensi Lebak Bantu Pembangunan Rumah Warga Miskin

LEBAK – Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kabupaten Lebak memberikan bantuan uang untuk pembangunan rumah kepada warga miskin di Kampung Bueuk, Desa Cisangu, Kecamatan Cibadak, kemarin.

Bantuan uang tunai sebesar Rp15 juta itu diberikan Sekretaris Gapensi Achmad Deni Setiawan kepada Suherman, disaksikan istrinya Sueni, selaku pemilik rumah yang sudah lama ambruk.

Ditemui usai pemberian bantuan, Sekretaris Gapensi Kabupaten Lebak Achmad Deni Setiawan mengaku, mendapatkan informasi adanya warga Cisangu yang tinggal di pos ronda karena rumahnya ambruk, berasal dari media.

Atas dasar itu, Ketua Gapensi M Nabil Jayabaya langsung memerintahkan untuk membantu pembangunan rumah pasangan Suherman dan Saeni tersebut. “Ketua Gapensi prihatin dengan kondisi warga miskin yang tinggal di pos ronda. Karena itu, beliau (Nabil-red) langsung memerintahkan saya untuk datang ke sini,” kata Achmad Deni Setiawan kepada wartawan, kemarin.

Dia berharap, dana bantuan dari Gapensi diharapkan digunakan untuk membangun rumah yang ambruk. Dia meminta kepada Pemerintah Desa dan pengurus RT setempat gotong royong membantu pembangunan rumah korban bencana alam tersebut.

Soalnya, kata Deni, apabila hanya mengandalkan bantuan dari Gapensi, jumlahnya tidak akan cukup. “Bantuan ini untuk membeli material bangunan. Selanjutnya, biar masyarakat yang gotong royong membangun rumah tersebut,” jelasnya.

Deni berharap, rumah korban bencana angin kencang dapat segera terbangun. Sehingga, semua penghuni rumah bisa kembali tinggal di rumah yang layak. “Harapannya cepat dibangun. Kasihan kalau terlalu lama tinggal di pos ronda, nanti pasangan ini jatuh sakit. Karenanya, cepat dibangun dengan secara swadaya oleh masyarakat Cisangu,” kata pria yang akrab dipanggil Ideng itu.

Sueni, pemilik rumah yang ambruk karena angin kencang mengaku bahagia dengan kedatangan pengurus Gapensi Lebak. Dia tidak menyangka bisa cepat menerima bantuan untuk pembangunan rumahnya yang ambruk akibat angin kencang itu. “Saya senang Pak. Enggak menyangka banyak yang peduli kepada saya dan suami. Semoga rizki bapak-bapak yang datang ke sini bertambah,” ujarnya.

Kepala Desa (kades) Cisangu, Kecamatan Cibadak Iden Sukatma menginformasikan, setelah diberitakan di Koran bantuan terhadap warga Kampung Bueuk yang tinggal di Pos Ronda berdatangan.

Pada Kamis (28/11) pagi, Kapolsek Cibadak IPTU Indik Rusmono bersama anggotanya datang memberikan bantuan sembako dan alakadarnya kepada Suherman. Bantuan tersebut digunakan untuk menyambung hidup pasangan suami istri tersebut. “Iya, tadi pagi Pak Kapolsek Cibadak juga memberikan bantuan ke sini. Sekarang ada lagi bantuan dari Gapensi Lebak,” jelasnya.

Untuk itu, Iden menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah peduli terhadap warganya. Harapannya, rumah Suherman dan Sueni segera berdiri lagi dan cepat ditempati. “Kasihan kalau terus-terusan di Pos Ronda, nanti mereka bisa jatuh sakit dan yang repot tentu kita semua,” ungkapnya. (tur/zis)