Gapura Dibangun, Siskamling Diaktifkan

TAKTAKAN – Warga RT 02 RW 01, Lingkungan Karangasem, Kelurahan Pancur, Kecamatan Taktakan, telah membangun gapura dan mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan (siskamling). Mereka tak mau kalah dengan lima RT lain di kelurahan ini. Mereka bersaing pada Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Ketua RT 02 M Nasir mengatakan, pembangunan gapura dimulai sejak Maret 2020. Secara swadaya, warga mendirikannya di pintu masuk Lingkungan Karangasem. Bangunannya permanen dan berukuran besar. “Untuk menyambut Ramadan sekaligus LRLA, kita bangun gapura dan aktifkan pos ronda,” kata Nasir kepada Radar Banten, Jumat (1/5).

Gapura permanen dengan portal akan dilengkapi tulisan nama kampung. Proses pembangunannya ditargetkan selesai pada pekan depan, Sebelum juri LRLA melakukan tugasnya, Nasir menargetkan, semua penataan di RT 02 selesai. “Pas tim juri datang, lingkungan kami sudah indah dan rapi,” katanya.

Agar siskamling di RT 02 tidak mati suri lagi, warga berencana melengkapi sarana dan prasarananya. Pos ronda akan direnovasi. Peralatan pendukungnya, seperti kentongan, borgol, alat pemadam api ringan, jadwal ronda, buku mutasi petugas ronda dan buku tamu, serta nomor telepon penting termasuk nomor telepon bhabinkamtibmas dan babinsa akan dilengkapi. “Sekarang siskamling aktif lagi,” tegas Nasir.

Kegiatan penataan lingkungan yang baru dirampungkan warga RT 02, kata Nasir, adalah pemagaran jalan sepanjang sekira 150 meter. Prosesnya dilakukan siang hari dan malam hari, sejak bakda zuhur hingga pukul 24.00 WIB. “Kalau waktu berbuka puasa dan salat, kita tunda (pembuatan dan pemasangan pagar-red). Lanjut lagi habis tarawih sampai malam,” jelasnya.

Ketua Bidang Pembangunan Pemuda RT 02 Salim menambahkan, sejak ada LRLA Kota Serang 2020, warga semakin peduli pada kondisi lingkungannya. Bukan hanya soal kebersihan dan keamanan saja, tapi juga keindahannya. “Kita kan ingin merasa nyaman, jadi lingkungannya harus bagus,” ujarnya.

Kekompakan pemuda menjadi kunci kesuksesan penataan di lingkungan RT 02. Salim optimistis, lingkungannya bisa meraih juara LRLA. “Yakin menang, supaya warga makin kompak dan semangat,” pungkasnya. (mg06/don)