Gara-gara Kartu ATM Macet, Uang Rp52 Juta Raib Dalam Sekejap

0
1.971 views
Ilustrasi. (pixabay)

SERANG – Ukoh (42) harus merelakan uang tabungannya sebesar Rp 52 juta berpindah ke rekening orang lain. Warga Jaranak, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, ini tak sadar ketika empat lelaki yang membantu menarik uang di ATM adalah komplotan pencuri.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ibu rumah tangga ini pada Jumat (9/6) pukul sembilan pagi mendatangi mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank BCA  di Indomaret depan Komplek RSS Pemda, Cipocok Jaya, Kota Serang. Saat itu,  Ukoh bermaksud menarik sejumlah uang di tabungannya untuk keperluan belanja.

Namun, setelah kartu ATM dimasukkan, ternyata kartunya tidak bisa melakukan transaksi. Bahkan kartu tidak bisa keluar meski telah membatalkan transaksi.

Tak lama berselang,   tiba-tiba datang empat orang laki laki yang tidak dikenal memberikan bantuan.  Terhasut oleh ucapan-ucapan keempat laki-laki tersebut,  Ukoh pun menuruti apa yang diminta pelaku termasuk menyebutkan nomor PIN.

Setelah mendapatkan PIN,  salah satu dari keempat lelaki tersebut berlagak mencoba beberapa hal untuk mengeluarkan kartu ATM milik Ukoh dari mesin ATM.  Sayangnya,  kartu tak kunjung keluar hingga  kemudian satu persatu pergi.

Setelah berupaya lama,  kartu pun berhasil dicabut dan Ukoh pun melakukan transaksi di mesin ATM lain.  Namun korban baru sadar setelah mengetahui saldo tabungannya sebanyak Rp52 juta sudah terkuras. Korban kemudian melaporkan peristiwa yang dialaminya itu ke Mapolres Serang Kota.

Kepala Satuan Reskrim Polres Serang Kota AKP Richardo Hutasoit membenarkan kejadian tersebut dan masih melakukan penyelidikan. “Kejahatan ATM seperti itu merupakan modus lama,” ujarnya Jumat (9/6).

Oleh karena itu, Richardo mengimbau kepada seluruh nasabah bank yang menarik tabungan melalui mesin ATM agar tidak percaya dengan orang-orang di dekatnya yang mencoba menawarkan pertolongan. “Kalau menghadapi masalah segera tinggalkan mesin ATM dan langsung lapor ke bank bersangkutan,” katanya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)