Garuda Indonesia Siap Tambah Pesawat Baru

Net. ILUSTRASI
Net. ILUSTRASI

GARUDA Indonesia berencana untuk menambah 23 pesawat baru di tahun ini. Rencana tersebut dilakukan dengan melihat terus tumbuhnya jumlah penumpang pesawat terbang di Indonesia.

“Kita akan tambah enam pesawat berbadan lebar untuk rute jarak jauh Airbus A330, delapan pesawat biasa untuk rute menengah, dan sembilan pesawat baling-baling ATR untuk rute pendek,” kata Arif Wibowo, Direktur Utama PT Garuda Indonesia saat ditemui dalam acara Open House di rumah dinas Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Jakarta, Minggu (3/1).

Tambahan pesawat baru tersebut akan dipakai untuk melayani rute baik domestik maupun luar negeri.

Arif juga akan menerapkan sistem rotasi pesawat rute domestik dengan internasional. “Kita akan perbesar kapasitas ke kota-kota di daerah. Ide nambah kapasitas untuk tujuan Medan, Denpasar, Balikpapan, dan Makassar dengan pesawat berbadan lebar dari Bandara Soekarno Hatta itu dengan rotasi pesawat domestik maupun internasional,” jelas Arif.

Sistem rotasi pesawat, kata Arif, akan berlaku khususnya untuk pesawat berbadan lebar yang permintaannya tinggi namun jumlah pesawatnya masih terbatas. “Saya lihat permintaan pesawat berbadan lebar meningkat. Jadi kita akan tingkatkan dengan rotasi pesawat. Contohnya pesawat dari Jepang mendarat jam 5 dan akan terbang lagi jam 1, bisa dipakai ke Denpasar atau Surabaya. Rotasi pesawat bisa rute domestik dan luar negeri,” ujar Arif. (RB/RBOnline)