Gelar HKN, Dinkes Banten Bakal Operasi Katarak Puluhan Warga

Kepala Dinkes Banten Sigit Wardojo saat menggelar konferensi pers.

SERANG – Pada 29 November mendatang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten akan menggelar Hari Kesehatan Nasional di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang. Kepala Dinkes Provinsi Banten Sigit Wardojo mengatakan, dalam acara tersebut, 30 warga penderita katarak akan mendapatkan pelayanan operasi gratis.

“Yang mendapatkan operasi ini yang kataraknya sudah jadi (parah-red), selain itu yang memang siap dan memenuhi kriteria untuk dioperasi,” kata Sigit saat ditemui setelah menggelar konferesi pers di kantor Dinkes Provinsi Banten, Jumat (6/11/2015).

Dikatakan, operasi katarak tersebut sebetulnya tidak hanya dilakukan pada acara tersebut saja. Sigit mengaku, pihaknya telah melakukan operasi katarak terhadap puluhan masyarakat lainnya yang mengalami katarak.

“Sebetulnya untuk operasi katarak setiap tahunnya kita mengalokasikan, untuk tahun ini dialokasikan untuk 90 penderita katarak, dilakukannya secara bertahap, sebanyak 30 masyarakat per tahapnya,” ujar Sigit.

Terkait Hari Kesehatan Nasional, Sigit menargetkan sebanyak 3.000 orang yang akan mengahadiri acara tersebut. Selain operasi katarak, juga akan ada agenda lain seperti¬† pemeriksaan golongan darah dan agenda lainnya. “Kita akan lakukan kampanye pola makan sehat untuk menghindari gizi buruk dan obesitas,” pungkas Sigit. (Bayu)