Gempa 5,2 Skala Richter Terjang Kabupaten Lebak

ilustrasi (foto: Istimewa)

SERANG – Gempa berkekuatan 5,2 skala richter menerjang Kabupaten Lebak hari ini, Rabu (18/1). Gempa tersebut terasa hampir diseluruh daerah di Kabupaten Lebak.

Informasi tersebut dibenarkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Kaprawi saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon seluler malam ini.

“Benar, pusatnya di barat dayak di kedalaman 10 KM, itu berdasarkan informasi yang diterima dari BMKG,” ujar Kaprawi.

Gempa tersebut menurut Kaprawi tidak berdampak pada bangunan fisik dan menelan korban jiwa, hanya saja membuat sebagian masyarakat kaget, karena hanya sebentar bahkan sebagian masyarakat nyaris tidak merasa,” papar Kaprawi.

Kendati seperti, Kaprawi menghimbau kepada masyarakat tetap waspada terjadinya gempa susulan, khususnya bagi masyarakat yang berada di wilayah pesisir. “Gampa ini sih tidak berpotensi tsunami, namun waspada tetap perlu,” ujarnya.

Berdasarkan informasi dari Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Serang, gempa tersebut terjadi di titik 14 lintang selatan, 105,31 bujur timur tepatnya di 122 kilometer barat daya Kabupaten Lebak dengan kedalaman mencapai 10 kilometer.

Menurut Analis BMKG Klas I Serang Rofikoh masih mencari titik pusat lokasi terjadinya gempa.

“Ya, sudah ada gempa. Tapi titik lokasi yang merasakan gempa itu kami juga belum tahu tepatnya dimana saja karena kami masih nunggu informasi dari BMKG pusat,” ujar Rofikoh.

Sementara itu, beberapa masyarakat setempat yang merasakan goncangan gempa tersebut mengaku khawatir karena takut terjadi kembali gempa susulan.

“Ya bener ada mas, getarannya juga gede walau cuma beberapa detik. Tapi akibat gempa ini warga sempat berkerumun keluar karena takut ada apa-apa. Sampai sekarang juga masih nunggu diluar,” ujarnya. (Bayu)