Gempa M 5,4 Guncang Rangkasbitung, Warga Berhamburan Keluar Rumah

0
965 views
Warga berhamburan keluar gedung ketika gempa mengguncang Kota Rangkasbitung.

LEBAK – Gempa bumi berkekuatan magnitude 5,4 terjadi di 18 kilometer Barat Daya Rangkasbitung dengan lokasi 6.69 Lintang Selatan dan 106.14 Bujur Timur pada kedalaman 82 kilometer pada pukul 11.44 WIB. Getaran gempa terasa cukup kencang dan membuat masyarakat berhamburan keluar rumah.

Pantauan Radar Banten di Rangkasbitung, masyarakat berhamburan keluar dari rumah dan perkantoran ketika gempa mengguncang. Mereka tidak berani untuk kembali lagi ke dalam ruangan, karena khawatir terjadi gempa susulan.

Deden Kurniawan, warga Rangkasbitung mengaku, merasakan getaran gempa cukup kencang. Untuk itu, dia dan rekan-rekannya langsung keluar kantor untuk menyelamatkan diri. Karena khawatir, gempa merobohkan bangunan rumah dan kantor.

“Saya dan rekan-rekan ada di ruangan kantor. Tiba-tiba terasa guncangan yang cukup kencang. Spontan saya dan yang lain keluar rumah,” kata Deden kepada Radar Banten.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak Kaprawi membenarkan telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 5,4 M. Lokasi gempa di barat daya Rangkasbitung dengan kedalaman 82 kilometer. Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ada potensi terjadi gempa susulan.

“Kita sedang inventarisir data rumah yang terdampak gempa bumi,” tukasnya. (Mastur)