Gempa M 5,1 di Lebak Tidak Berpotensi Tsunami

LEBAK – Gempa dengan kekuatan magnitudo 5,1 mengguncang wilayah Lebak pada Selasa (14/7) pukul 7.04 WIB. Pusat gempa tercatat berada di koordinat 6.97 Lintang Selatan (LS), 106.09 Bujur Timur (BT), 18 kilometer Barat Daya Bayah, Kabupaten Lebak, dan dengan kedalaman 81 kilometer di bawah laut.

Tokoh masyarakat Sawarna, Kecamatan Bayah, Erwin Komara Sukma mengatakan, getaran gempa dirasakan masyarakat di pesisir pantai di Lebak selatan. Karena itu, sebagian warga berhamburan keluar rumah ketika gempa mengguncang.

“Terasa lumayan kuat (guncangannya). Karena itu banyak warga yang lari keluar rumah,” kata Erwin Komara Sukma kepada Radar Banten.

Mantan anggota DPRD Lebak ini mengaku, belum menerima informasi mengenai dampak gempa dengan magnitudo 5,1. Namun, dia meminta kepada masyarakat di pesisir pantai Lebak selatan untuk tetap tenang. Apalagi, informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa gempa di Barat Daya Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak ini tidak berpotensi tsunami.

“Sekarang, masyarakat tetap beraktivitas normal,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Camat Wanasalam Cece Saputra mengatakan, getaran gempa juga dirasakan masyarakat di Kecamatan Wanasalam. Namun, tidak ada laporan kerusakan akibat gempa yang terjadi di Barat Daya Kecamatan Bayah tersebut.

“Guncangannya enggak besar. Karena itu, warga biasa-biasa aja. Tapi, saya tetap sampaikan kepada warga untuk waspada,” jelasnya. (Mastur)