Gerakan Ambil Bunga di Gunung

0
291 views

PADARINCANG – Gerakan ambil bunga di Gunung Ciemas, kegiatan warga RW 02, Kampung Kadumernah, Desa Kramatlaban, Kecamatan Padarincang, untuk membuat kampungnya berbunga. Bermacam tanaman bunga itu kemudian ditanam dalam pot untuk dipajang di pekarangan rumah warga.

Ide gerakan ini diinisiasi oleh pemuda RW 02. Pertimbangannya, hemat biaya persiapan kampung di lereng Gunung Ciemas ini menghadapi Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020. 

“Demi LKBA, kita bakal ambil tanaman bunga ke gunung,” kata Kepala Desa Kramatlaban Sarmat kepada Radar Banten di ruang kerjanya, Kamis (15/10).

Ide pemuda, menurutnya, langsung diamini warga RW 02. Terlebih, Gunung Ciemas menyimpan banyak tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk memperindah lingkungan. Mulai dari tanaman obat keluarga seperti jahe merah, kunyit, dan binahong sampai tanaman bunga warna-warni. ”Hari Minggu (18/10) besok kita mulai ambil bunga ke gunung,” jelas Sarmat.

Konsep penataan lingkungan RW 02 juga diserahkan kepada pemuda. Mulai dari penghijauan, penataan tanaman bunga, sampai nanti pengecatan dan pembangunan gapura. ”Pemerintah Desa Kramatlaban hanya menyediakan dana, ditambah swadaya warga juga, pokoknya semua ikut iuran,” ungkapnya.

Sekretaris Desa (Sekdes) Kramatlaban Fery Firdaus menambahkan, warga juga bakal melengkapi peralatan keamanan di pos ronda. Kepala desa juga akan menerbitkan surat keputusan tentang kelompok sadar hukum dan kelompok sadar lingkungan RW 02 sesuai pengajuan warga.

”Semua kekurangan bakal kami lengkapi,” tegasnya.(mg06/don)