Ketua DPD Gerindra Banten Desmond J Mahesa.

SERANG – Partai Gerindra mampu menggeser PDIP pada perolehan kursi terbanyak di DPRD Banten. Berdasarkan penetapan hasil Pemilu 2019 di KPU Banten, Gerindra mendapatkan 16 kursi untuk DPRD Banten. Sementara PDIP meski hanya mendapat 13 kursi.

Pada Pileg 2014, PDIP berjaya dengan raihan 15 kursi di DPRD Banten, sementara Gerindra 10 kursi. Saat itu jatah kursi ketua DPRD Banten otomatis milik PDIP, sementara Gerindra hanya mendapatkan jatah wakil ketua.

Dari hasil Pemilu 2019, Gerindra membalikkan keadaan sehingga jatah ketua DPRD Banten periode 2019-2024 menjadi milik Gerindra.

Ketua DPD Gerindra Banten Desmond J Mahesa menyatakan, tingginya raihan kursi untuk DPRD Banten memang sudah diprediksi. Efek ekor jas Prabowo menjadi capres memang berpengaruh dalam penguasaan kursi DPRD di Provinsi Banten.

Faktor lain, kata Desmond, karena sosok-sosok yang dipasang merupakan kader yang sudah terpantau sejak awal. “Seleksi caleg terpantau sejak awal. Konsolidasi sudah dilakukan tiga tahun ini. Target memang menguasai parlemen di daerah,” ujarnya, Senin (13/5).

Untuk perolehan kursi DPR RI, lanjutnya, pihaknya memang menargetkan dua kursi di setiap dapil. “Target satu kursi sejak awal sudah terlampaui, kita dapat dua kursi di dapil Banten III. Walaupun sebenarnya tiap dapil kita target dua kursi,” paparnya. (Deni S)