Gerindra Pastikan Tak Dukung Irna

0
1.004 views
Ilustrasi
Ilustrasi

Akan Bangun Koalisi Baru

PANDEGLANG – Pilkada serentak di Kabupaten Pandeglang, tampaknya akan sedikit seru. Soalnya, Partai Gerindra Kabupaten Pandeglang memastikan tidak akan memberikan dukungan kepada calon petahana Irna Narulita, dan berencana membuat koalisi baru pada pilkada Pandeglang 9 Desember mendatang.

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Pandeglang membenarkan, partainya tidak akan memberikan dukungan kepada pasangan petahana Irna Narulita dan Tanto Warsono Arban sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Pandeglang pada Pilkada serentak nanti. “Sesuai dengan yang disampaikan Pak Desmond (Ketua DPD Gerindra Banten-red), kita hanya menggodog dua nama dan petahana tidak masuk dalam dua nama itu,” katanya, kemarin.

Bayu mengatakan, posisi partai Gerindra di pilkada serentak nanti akan bertarung melawan petahana dan membuat koalisi dengan beberapa partai politik (parpol) lain yang belum menentukan sikap. “Kita akan buat koalisi baru. Bisa saja dengan NasDem dengan tiga kursinya ditambah Gerindra tujuh kursi jadi 10 kursi sudah cukup. Bisa juga dengan koalisi PPP dan PKB yang sudah ada 11 kursi. Kemungkinan berkoalisi dengan partai lain itu pasti terjadi,” katanya.

Ditanya soal alasan tidak memberikan dukungan kepada petahana? Bayu menyembunyikannya. Dia menyerahkan keputusan tersebut kepada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Gerindra. “Kita laksanakan apa yang diperintahkan pimpinan. Saya juga sudah sampaikan mengenai alasan tidak diberikan dukungan itu secara langsung kepada mas (menyebut Radar Banten-red), tetapi bukan untuk konsumsi publik,” katanya.

Sikap politik dari partai Gerindra yang tidak memberikan dukungan kepada petahana Irna Narulita mendapat respons positif dari ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Pandeglang Entol Supriadi. Kata dia, partainya siap menjadi pasangan koalisi untuk melawan pasangan petahana. “Kita menyambut baik sikap partai Gerindra. Dan kita akan terus membangun komunikasi politik mengenai koalisi dan lain sebagainya dalam menghadapi Pilkada nanti,” katanya.

Supriadi optimistis, partainya bisa menjalin koalisi dengan beberapa parpol dan bertarung melawan koalisi petahana dalam pesta demokrasi nanti. Namun, dia mengaku, saat ini pihaknya masih melakukan komunikasi dan belum bisa berbicara banyak mengenai koalisi dengan Gerindra. “Kita sudah dengan PKB, kita juga insya Allah akan berkomunikasi dengan Gerindra mengenai sikap politik di pilkada nanti,” katanya.

Sekretaris DPD Partai NasDem Kabupaten Pandeglang Fajar Setiawan mengaku, telah menjalin komunikasi dengan partai Gerindra terkait rencana pembentukan koalisi di pilkada serentak 9 Desember mendatang. “Kalau kita lihat, beberapa partai besar sudah merapat ke petahana, kalau misalnya ada poros baru lagi, misalnya NasDem dengan Gerindra membuat poros baru pada pilkada kali ini, sepertinya akan lebih seru lagi,” katanya.

Fajar meyakinkan, partainya telah menjalin komunikasi politik dengan partai Gerindra mengenai koalisi dalam melawan pasangan petahana nanti. “Saya sudah ngobrol mengenai pilkada dengan partai Gerindra dengan ketua DPC nya. Tetapi hasil pastinya belum bisa kita jelaskan kepada publik,” katanya. (dib/zis)