Gerombolan Monyet Menyerang Perkebunan Warga di Cilegon

0
141

CILEGON – Belasan ekor monyet disebut menyerang tanaman milik warga yang tinggal di wilayah perbukitan Lingkungan Gunung Batur, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon.

Salah seorang warga Lingkungan Gunung Batur Wawan mengatakan akibat keberadaan hewan jenis primata itu ia mengaku cemas kerusakan tanaman milik warga akan berkelanjutan. Bahkan yang lebih dikhawatirkan akan menyerang manusia khususnya anak kecil.

“Semula di lingkungan ini tidak pernah terlihat adanya seekor monyet pun. Tidak lama setelah hut TNI kemarin datangnya (monyet). Mungkin pindahan dari bukit Batu Bolong, takut gara-gara suara tembakan,” ujarnya, Senin (6/11).

Kata dia, ia bersama warga lainnya sangat kesulitan untuk mengusir keberadaan monyet-monyet yang jumlahnya tidak sedikit itu. Ia memohon bantuan dari pemerintah ataupun instansi terkait untuk mengusir keberadaan monyet tersebut tanpa harus membunuhnya.

“Monyet-monyet itu menyerang tanaman apa saja yang ada di kebun. Kasihan juga monyet-monyet jika kita tembaki. Kalau ada solusi untuk mengusir monyet tersebut, saya harapkan pemerintah dapat membantu,” ucapnya.

Warga lainnya Rohwi mengaku sementara ini cara yang dilakukan oleh warga untuk mengusir monyet yang sedang menyerang tanaman warga dengan menggunakan suara-suara yang berbunyi keras. Salah satunya dengan bunyi petasan.

“Ada juga yang menggunakan petasan untuk menakuti monyet tersebut. Karena kalau dengar petasan monyet itu berlari kesana kemari hingga menabrak orak,” katanya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)