Giant Serang Belum Terapkan Plastik Berbayar

Giant Ekstra Serang
Kasir Giant Ekstra Serang memasukkan barang-barang ke dalam plastik, Selasa (1/3/2016). (Foto: Susi K)

SERANG – Giant Serang baik yang berada di Sempu dan Lontar, Kota Serang sejauh ini belum menerapkan program plastik berbayar. Ini diungkapkan Store Manager Giant Ekstra Sempu Serang, Yusep Gunawan, Selasa (1/3/2016). “Sehingga sekarang plastik masih gratis, belum diterapkan,” katanya seperti dilansir Harian Radar Banten.

Ia menjelaskan, Giant Ekstra Serang belum mendapatkan instruksi dari manajemen pusat mengenai program plastik berbayar ini. Giant Ekstra belum termasuk 23 kota yang dicanangkan untuk program plastik berbayar, meskipun di ritel lain ada yang menerapkan program ini. “Sejauh ini belum, rencananya ada waktu dekat,” jelasnya.

Meskipun belum diterapkan, Giant Ekstra Serang mendukung sepenuhnya program yang dicanangkan pemerintah mengenai diet plastik. Giant Ekstra Serang jauh dari sebelum program ini diluncurkan sudah melakukan sosialisasi tentang program go green dengan menggunakan plastik ramah lingkungan. “Sosialisasi plastik berbayar juga dilakukan,” katanya.

Selain itu, bentuk kepedulian Giant Ekstra Serang terhadap lingkungan lainnya yakni menawarkan alternatif kardus sebagai pengganti plastik kepada konsumen. “Sebelum program ini, kami tawarkan mau dipakai kardus atau plastik, ada yang pilih kardus dan plastik,” katanya.

Kata Yusep, program diet plastik ini mulai banyak diketahui pengunjung. Ini terlihat ada beberapa pengunjung yang membawa goodybag sendiri sebagai pengganti plastik. “Kesadaran masyarakat mulai terlihat,” katanya.

Kata dia, program diet plastik ini memang memberikan dampak positif bagi lingkungan karena akan mengurangi limbah plastik yang sulit terurai. Sementara uang untuk plastik berbayar ini akan masukkan ke dana sosial pemerintah. “Bukan dikelola Giant,” katanya.

Pihak Giant Ekstra Serang siap menerapkan program ini, jika ada dalam waktu dekat ada instruksi langsung dari manajemen pusat. “Secara mekanisme sudah siap, tinggal pelaksanaan. Meskipun akan ada pro dan kontra dari konsumen,” katanya. (RB/skn/ags)