Band Gigi. Foto: F Tarigan/Jawa Pos

Menjaga sebuah band tetap utuh hingga usia 23 tahun bukanlah hal mudah. Karena itu, begitu bisa memasuki angka tersebut, Gigi merasa perlu melakukan perayaan. Mereka menghelat pertunjukan live streaming di Shoemaker Studios pada Rabu (22/3) malam.

​Aksi vokalis Armand Maulana, gitaris Dewa Budjana, drumer Gusti Hendy, dan basis Thomas Ramdhan itu disiarkan secara live lewat website www.gigibandofficial.com dan laman Facebook Shoemaker Studios.

Menurut mereka, ide tersebut muncul dadakan. “Di manajemen Gigi, rata-rata anak muda yang paham sama dunia digital. Kalau kami mau ngadain konser, waktunya enggak cukup karena Gigi lagi menyiapkan album religi untuk Ramadan nanti,” jelas Thomas.

​Ide live streaming muncul pekan lalu. Untungnya, Shoemaker langsung bersedia diajak bekerja sama. Tugas para personel dan kru hanyalah menyiapkan pertunjukan dan perlengkapan memadai. “Kami latihan lagu beberapa hari di base camp Gigi,” ujar Armand.

​Selama dua jam, sejak pukul 19.00 hingga 21.00 WIB, mereka tampil. Berbagai lagu hit yang dibawakan, antara lain, Distorsi Manusia, Bisa Saja, Terbang, Bumi Meringis, Munafik, Nakal, Ya Ya Ya, Janji, dan Nirwana. Mereka berempat bergantian menceritakan peristiwa di balik lagu-lagu tersebut. Misalnya, lagu Terbang yang dirilis berdekatan dengan tragedi Mei 1998 atau lagu Munafik yang tercipta karena banyaknya caleg yang ingkar janji setelah terpilih menjadi anggota Dewan.

​Bertahan hingga usia lebih dari 20 tahun merupakan capaian tersendiri. Menurut Armand, Gigi bertahan hingga kini berkat konsistensi. “Awalnya enggak kepikiran juga bahwa Gigi akan bertahan selama ini. Karya kami tetap ada dan kami berempat punya satu cita-cita, yaitu tetap produktif,” tutur Armand.

​Walau pernah mengalami bongkar pasang personel, Gigi masih menjaga kekompakan. Baik dengan sesama personel maupun mantan personel. Malam itu, mantan basis Opet Alatas dan Baron, mantan personel yang kini menjadi manajer Gigi, ikut hadir. “Bagi kami, Gigi adalah keluarga. Mau personel, mantan personel, kru, atau fans, kami semua satu,’’ kata Thomas.

​Perayaan anniversary belum berakhir. Pada 12 April mendatang, rencananya Gigi melangsungkan pertunjukan di sebuah kafe di Jakarta. Sebuah proyek reuni personel pun bakal diadakan. Seluruh personel dan mantan personel akan bermain bersama dan mengaransemen ulang beberapa lagu Gigi. (JPG)