Gini Nih Klopnya Bromance. Cari Tahu di Sini!

0
1.391 views
Zetizen

SIAPA sih yang nggak mengenal dua tokoh ikonik dari film animasi Toy Story ini? Yap, Woody dan Buzz Lightyear. Emang, awalnya hubungan mereka nggak akur. Sampai akhirnya, mereka bisa bersahabat dekat dan melalui semua suka duka bersama. Well, they name it bromance. Bromance berarti sebuah hubungan nonseksual antara dua cowok. Sikap yang cuek dan nggak rempong bikin beberapa cowok merasa nyaman bersahabat dengan teman cowoknya. Nih, simak kisah para bromance sebelum kalian nge-judge yang nggak-nggak deh!

Saat melihat dua cowok yang akrab banget dan sangat dekat, pasti kebanyakan dari kita men-judge mereka adalah pasangan homoseksual atau penyuka sesama jenis? Ngaku deh, pernah berpikir begitu kan? Guys, jangan buru-buru menilai sesuatu dari luarnya saja ya, karena belum tentu apa yang dilihat itu sesuai penilaian. Persahabatan antarcowok ini sama saja dengan persahabatan antara cewek dengan cewek kok. Jadi nggak ada yang aneh, ya!

Nah persahabatan antara dua cowok ini disebut dengan istilah bromance. Istilah ini merupakan kependekan dari brother (saudara) dan romance (spesial), jadi bisa disebut hubungan pertemanan spesial atau persahabatan antarcowok. Ingat! Ini persahabatan ya, bukan hubungan karena saling suka sesama jenis, loh!

Bayu Ferdiansyah, siswa SMKN 2 Kota Serang ini bilang, sahabatan cowok itu bisa terjalin karena satu hobi atau sudah saling kenal dekat. “Teman cowok yang cocok dijadikan sahabat itu yang nggak gampang marah, asyik diajak nongkrong, bisa diajak ibadah bareng, dan yang pasti saling tahu karakter dan kepribadian satu sama lain. Selain itu juga harus saling mengerti dan menerima perbedaan satu sama lain,” kata Gen Z yang mengambil jurusan otomotif ringan dan memiliki hobi silat.

Seperti diketahui, cowok relatif memiliki tingkat ego yang tinggi, jadi saling memahami karakter satu sama lain menjadi kunci terjalinnya bromance. Helena Dhea, siswi SMKN 1 Kota Serang ini mengaku, awalnya risi melihat cowok bromance, tetapi itu hal wajar. “Karena sesama jenis, mungkin lebih mengerti dengan kebiasan dan perilaku yang biasa dilakukan. Selama itu bukan hubungan karena saling suka, itu wajar. Di sekolah juga banyak cowok bromance dan itu biasa saja, sama halnya kayak sahabatan cewek gitu,” kata cewek yang hobi hunting view menarik ini.

Di balik otot-ototnya, cowok juga manusia biasa yang kadang butuh tempat teman untuk bercerita keluh kesah soal karier dan asmara. Cowok yang nggak gampang marah juga bisa jadi tempat hiburan mengusir penat karena nggak tersinggung ketika saling ejek dan bisa konyol bareng tanpa harus jaim.

Meski kadang disangka pasangan gay, tulusnya sahabat antarcowok itu tiada terkira loh. Keliatannya sih saling cuek satu sama lain, tetapi di lubuk hatinya cowok memiliki rasa kepedulian yang tinggi kepada sahabatnya loh. Kalau sudah merasa sepenanggungan, cowok nggak segan akan membantu sahabat cowoknya yang kesusahan dengan semua kemampuan yang dimiliki. Wow.

The Bro Code

EMANG, nggak semua orang bisa punya bromance. Mulai harus ngelewatin proses yang panjang sampai menemukan kegiatan seru buat dilakuin bareng. Dapetin bromance bisa lebih susah daripada cari pacar, Bro. Bromance juga punya beberapa peraturan nggak tertulis yang biasa disebut bro code. Ada beberapa hal yang harus diikutin kedua pihak supaya hubungan bromance kalian awet. Nih beberapa di antaranya!

Mates before Dates
Rule paling penting dalam bromance adalah harus mengutamakan hubungan dengan sahabat cowokmu daripada dengan cewek. Contohnya, waktu kamu dan teman bromance-mu sama-sama ngincer cewek yang sama. Atas nama bromance dan sesuai aturan bro code, sebaiknya kamu dan sahabat sama-sama memutuskan buat mencari cewek lain. Soalnya, dua cowok yang terlibat dalam bromance nggak etis kalau bertengkar cuma karena rebutan cewek. Hal itu juga berlaku saat bromance-mu perlu bantuan, sedangkan pacarmu minta diajak jalan. Seharusnya kamu tahu siapa yang harus dipilih kan, Bro?

Jadi Wingman yang Baik
Cowok emang sering ngejek satu sama lain waktu ketemu. Tapi, bakal beda halnya saat ada cewek yang nanyain tentang bromance-mu. Sebagai sahabat yang baik, kamu wajib promote temanmu tanpa diminta. Misalnya, ada cewek yang tanya tentang bromance-mu. Bukan saatnya kamu jelek-jelekin atau jatuhin dia. Promosiin hal-hal baik yang dia punya sekaligus tepis kabar-kabar jelek tentang bromance-mu!

Jangan Komen Berlebihan
Emang, sahabat cowok biasanya lebih jujur dan nggak munafik daripada sahabat cewek. Jadi, bromance-mu pasti sering komentar tentang banyak hal yang kamu miliki. Tapi, salah satu rule yang penting dalam bromance adalah kamu nggak boleh komentar tentang pacar atau gebetan kecuali diminta meski menganggap si pacar nggak cocok dan nggak pantas buat dia. Waktu bromance-mu bangga-banggain gebetannya, sebaiknya kamu tetap nyimak tanpa komentar. Tapi, ketika dia minta pendapatmu, that’s the time to said the cold truth not before. (wivy-zetizen/als/zee)