Gading Marten dan Gisella Anastasia saat masih mesra menghadiri sebuah acara pada Februari lalu. Foto: Jawa Pos

JAKARTA – Kabar mengejutkan datang dari rumah tangga Gading Marten dan Gisella Anastasia. Pada Senin lalu (19/11), Gisel memasukkan berkas gugatan cerai terhadap Gading ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Berkas gugatan cerai dengan nomor perkara 908/Pdt.G/2018/PN.JKT.SEL itu kini sedang dalam proses.

Hal tersebut mengagetkan banyak pihak. Pasangan yang menikah pada 2013 itu terbilang jauh dari konflik. Yang lebih ironis, pada 16 November lalu, Gading mengunggah foto bersama sang putri, Gempi, merayakan ulang tahun ke-28 Gisel. Mereka bertiga tampak rukun dalam foto tersebut. Lengkap dengan caption Gading yang memberikan selamat.
Gisel kemarin sore (21/11) buka suara di akun Instagram-nya. Alumnus Indonesian Idol 2008 itu memohon maaf untuk siapa pun yang merasa patah hati dengan pengajuan gugatan cerainya.

’’Saya memohon doanya untuk kami bertiga dengan jalan yang ada di depan kami..,’’ tulis Gisel sebagai caption pada foto yang sama persis dengan yang diunggah Gading saat perayaan ulang tahunnya.

Masih di unggahan Instagram-nya, Gisel menyinggung sedikit tentang Gempi. Banyak warganet yang khawatir bahwa Gempi akan terkena dampak negatif perceraian. Bahkan, tagar #SaveGempi langsung jadi trending topic. ’’Mohon kebesaran hatinya untuk tidak menyebarkan berita yang tidak betul adanya karena kami ingin terus menjadi partner yang baik untuk mengasihi dan membesarkan Gempita sampai nanti..,’’ sebut Gisel.

Unggahan Gisel di akun Instagram beberapa bulan terakhir hanya berisi foto atau video diri sendiri atau bersama Gempi. Gisel tidak pernah mengunggah fotonya bersama Gading. Terakhir, foto bertiga diunggah Gisel pada Oktober lalu.

Sementara itu, Gading kini tengah berada di Spanyol. Saat dihubungi Jawa Pos via pesan teks, putra Roy Marten tersebut hanya menjawab dengan emoji. Telapak tangan yang dikatupkan. Meski demikian, adik Gading, Gibran Marten, memberikan sedikit penjelasan mengenai rumah tangga sang kakak.

Gibran mengungkapkan bahwa beberapa waktu lalu Gisel dan Gading sudah membahas rencana perpisahan mereka. Secara internal, bersama keluarga dari pihak masing-masing. ’’Gisel ngomong baik-baik kok, buktinya Gading masih kasih surprise kan,’’ ujar Gibran saat ditemui di rumahnya di daerah Kalimalang, Jakarta Timur, kemarin siang.

Sebagai perwakilan pihak keluarga, Gibran dan orang tuanya menyayangkan keputusan tersebut. Mereka shock. ’’Nggak ada orang tua yang pengin anaknya bercerai,’’ tuturnya.

Dia menambahkan, kedua pihak keluarga sudah berusaha memediasi dengan mencari solusi atas duduk permasalahan pasangan itu. ’’Tapi, kan yang menjalani hubungan Gading dan Gisel,’’ tambahnya.

Gibran enggan memaparkan penyebab keputusan Gisel untuk menggugat cerai Gading. Dia menyarankan awak media untuk menantikan penjelasan langsung dari Gisel dan Gading. Hal tersebut merupakan permintaan Gisel yang kemarin berkomunikasi dengan Gibran melalui pesan teks. ’’Sekarang lagi nyiapin (apa yang mau dikatakan-red). Nanti pasti ngomong kok,’’ kata pria 31 tahun itu. Benar saja, Gisel ’’mengumumkan’’ perpisahannya kemarin sore melalui Instagram-nya.

Gibran mengaku tidak tahu apakah Gisel dan Gading masih tinggal seatap. ’’Mending tanya langsung saja sama mereka ya,’’ ujarnya.

Lantas, soal Gempi, dia menegaskan bahwa bocah perempuan 3 tahun tersebut masih terlalu kecil untuk memahami persoalan orang tuanya. ’’Yang dia tahu, orang tuanya sayang banget sama dia,’’ tegas Gibran.

Di sisi lain, Humas PN Jakarta Selatan Achmad Guntur membenarkan bahwa berkas perkara nomor 908/Pdt.G/2018/PN.JKT.SEL memang sudah masuk. Dia tidak berkenan mengungkapkan siapa nama tergugat dan penggugat serta alasan perceraian. Namun, dari sebuah video percakapan, terdengar bahwa nama penggugat adalah Gisella Anastasia.

Lantas, tergugat bernama Angling Gading yang merupakan nama asli Gading.
Achmad menambahkan, majelis akan menentukan tanggal sidang pasangan yang beperkara. Sidang pertama berlangsung dalam waktu dekat. ’’Nanti pasti ada upaya untuk perdamaian atau mediasi dulu antara kedua pihak sebelum sidang dilanjutkan hingga putusan,’’ jelasnya saat ditemui di PN Jakarta Selatan kemarin siang.

Kabar gugatan cerai Gisel membuat sejumlah sahabatnya prihatin. Salah satunya, penyanyi dan seniman Dewi Gita. Dia dan Gisel mulai bersahabat sejak menjadi sinden di acara komedi Opera van Java. Saat mengetahui kabar pengajuan gugatan cerai oleh Gisel, Dewi terlihat menitikkan air mata. “Yang pasti saya berharap yang terbaik buat mereka, termasuk untuk Gempi,’’ ungkap Dewi. (jpg/air/ags)