Gojek Perluas Layanan Bantu Warga Tangerang Raya

Penyemprotan disinfektan di Posko Aman Bersama Gojek.

TANGERANG – Gojek siap berada di garda terdepan untuk penuhi kebutuhan masyarakat Kota dan Kabupaten Tangerang serta Tangerang Selatan selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai tanggal 18 April hingga 3 Mei 2020.

“Aktivitas masyarakat di wilayah kota-kota satelit DKI Jakarta yaitu Bodetabek mungkin melambat dengan pemberlakuan PSBB guna menekan penyebaran Covid-19. Namun, kami justru mempercepat upaya kami untuk membantu masyarakat dalam melewati masa sulit ini,” kata VP Regional Gojek Jabar Banten Becquini Akbar dikutip dari siaran pers, Minggu (19/4).

Kesiapan Gojek selama diberlakukannya PSBB mencakup peningkatan layanan dan penyesuaian produk yang berfokus pada tiga hal utama. Pertama, membantu masyarakat untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui perluasan layanan GoFood, GoMart, GoShop, GoSend, serta belanja kebutuhan merchant GoFood di GoFresh

Layanan GoShop memberikan solusi belanja kebutuhan pokok dan harian secara daring di 20 pasar modern di perumahan Alam Sutra, Bintaro Jaya, BSD, Green Lake, Gading Serpong, dan Summarecon.

“Masyarakat akan semakin membutuhkan jasa pesan antar makanan dan barang pokok agar mereka bisa beraktivitas senormal mungkin di masa PSBB ini. Peningkatan kebutuhan terhadap jasa antar makanan dan barang pokok ini akan membantu mitra driver Gojek untuk tetap mendapatkan penghasilan, mengingat layanan angkut penumpang transportasi roda dua dilarang untuk sementara waktu,” ungkap Becquini.

Kedua, Gojek optimalkan ‘Posko Aman Bersama Gojek’ sebagai checkpoint protokol kesehatan mitra driver di DKI Jakarta, Bodebek, dan Tangerang Raya. Sebanyak empat posko beroperasi di Tangerang Raya dan akan bertambah dalam waktu dekat. Melalui posko ini, Gojek membagikan secara gratis masker dan hand sanitizer untuk mitra driver serta melakukan cek temperatur. Selain itu, kendaraan para mitra secara berkala dilakukan desinfektan di posko ini.

Ketiga, terus meningkatkan imbauan protokol keselamatan dan kesehatan untuk melindungi para mitra driver dalam melayani merchant dan pengguna layanan Gojek dari risiko paparan Covid-19. Antara lain imbauan penerapan “Kartu Penanda Suhu Tubuh” dalam proses pemesanan makanan di merchant GoFood untuk memastikan pelanggan mengetahui kesehatan dari pihak yang memasak, membungkus, dan mengantarkan makanan. Kemudian penerapan prosedur contactless delivery yang membatasi kontak fisik sesuai dengan pedoman physical distancing; imbauan penerapan protokol food safety agar merchant menjaga kebersihan dapur dan operasional restoran yang dilengkapi oleh imbauan penggunaan segel keamanan (safety seal) pada makanan agar terisolasi dari udara luar.

Paskapenerapan PSBB di beberapa kota, lanjut Becquini, juga semakin mengimbau kesehatan SOP mitra merchant agar menerapkan prosedur keamanan dari Kementerian Kesehatan. (aas)