Golkar Dekati Gerindra, Berkarya ‘Pede’

Bakal calon walikota Cilegon Helldy Agustian (kelima dari kiri) dan bakal calon wakil walikota Sanuji Pentamarta menerima SK DPP PKS tentang rekomendasi bakal calon walikota dan wakil walikota Cilegon di kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (4/6).

CILEGON – Partai Golkar masih belum mengumumkan pendamping bakal calon walikota Ratu Ati Marliati. Golkar masih menutup rapat calon pendamping Ati sebab sedang dalam penggodokan nama-nama.

Begitupun soal partai-partai non parlemen yang dikabarkan merapat ke Golkar. Namun hingga kemarin belum diungkap partai mana saja yang merapat partai pemilik kursi terbanyak di DPRD Kota Cilegon itu. “Kesepahaman sudah ada tinggal nanti pada waktunya kita akan sampaikan ke teman-teman media,” ujar Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kota Cilegon Sutisna Abas kepada Radar Banten, Kamis (4/6).

Kata Sutisna, meski sebagai partai pemenang di parlemen, pihaknya tidak menampik peran partai-partai yang saat ini tidak duduk di legislatif dalam mendongkrak suara untuk pasangan yang akan diusung di Pilkada Kota Cilegon.

Berdasarkan kajian yang mengacu pada Pemilihan Legislatif (Pileg) lalu, suara yang mengalir kepada partai non parlemen masih tinggi. Kemudian, Partai Golkar meyakini partai-partai non-parlemen di Kota Cilegon masih memiliki basis massa dan struktur tim yang solid.

Kursi yang telah melampaui batas maksimal pengusungan pasangan bakal calon walikota dan wakil walikota dari jalur partai tak membuat Partai Golkar tutup mata terhadap potensi-potensi tersebut. “Kita juga semakin intens komunikasi dengan partai yang ada di parlemen, khususnya partai-partai yang belum menyatakan dukungan, seperti Gerindra, Demokrat, NasDem, dan PKB,” ujar Sutisna.

Tak hanya soal kesepahaman dengan partai non-parlemen, Sutisna mengklaim Golkar telah mengantongi nama sosok yang akan mendampingi Ati. Namun, pihaknya belum bisa terbuka kepada publik ihwal tersebut.

Sikap sebaliknya ditunjukkan oleh calon kompetitornya yaitu Partai Berkarya dan PKS. Dua partai itu dengan percaya diri blak-blakan telah sepakat membangun koalisi.

Kesepakatan koalisi itu pun dipertegas dengan keluarnya Surat Keputusan (SK) rekomendasi pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon dari DPP PKS. Kemarin, Kamis (4/6), Helldy Agustian dan Sanuji Pentamarta mendatangi DPP PKS untuk mengambil surat tersebut.

Dikonfirmasi Radar Banten, bakal calon walikota yang diusung Berkarya-PKS Helldy menegaskan, dengan keluarnya SK DPP PKS tentang rekomendasi tersebut menyatakan bahwa PKS dan Berkarya resmi berkoalisi di Pilkada Kota Cilegon. “Sudah fiks, langkah selanjutnya bagaimana merebut hati rakyat,” ujar Helldy.

Meski koalisi sudah final bersama PKS namun, peluang untuk partai lain bergabung masih terbuka. “Kan ada partai pengusung ada partai pendukung, untuk pengusung kan sudah memenuhi batas minimal,” ujar Helldy.

Hal senada juga diungkapkan oleh Bakal Calon Wakil Walikota Cilegon dari Berkarya-PKS Sanuji Pentamarta. “Alhamdulillah, sudah mantap, nanti sebutannya Haji (Helldy-Sanuji), kalau tagline-nya wis wayahe Cilegon lebih baik,” ujar Sanuji. (bam/alt)