Golkar Menang di Semua Dapil di Cilegon

Rapat pleno rekapitulasi suara di tingkat KPU Kota Cilegon, Sabtu (4/5).

CILEGON – Dominasi Partai Golkar di Kota Cilegon masih tak tergoyahkan. Berdasarkan hasil Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu KPU Kota Cilegon, untuk Pemilu Legislatif DPRD Kota Cilegon, Sabtu (4/5) hingga Minggu (5/5), Golkar menang di semua daerah pemilihan.

Secara keseluruhan, Partai Golkar mengantongi sebanyak 58.781 suara dengan rincian Dapil 1 Cibeber-Cilegon sebanyak 10.373 suara, Dapil 2 Ciwandan-Citangkil sebanyak 16.700 suara, Dapil 3 Pulomerak-Gerogol sebanyak 14.098 suara, dan Dapil 4 Jombang-Purwakarta 17.610.

Komisioner KPU Kota Cilegon Eli Jumael menuturkan, kendati rapat pleno rekapitulasi suara telah selesai dilakukan, pihaknya belum bisa menetapkan calon legislatif (caleg) mana yang bisa ditetapkan sebagai caleg terpilih.

Menurutnya, penetapan caleg terpilih baru bisa dilakukan usai proses rapat pleno rekapitulasi suara pemilu di KPU RI. “Penetapan kursi dan caleg terpilih setelah rekapitulasi penghitungan di tingkat nasional tanggal 22 (Mei). Setelah hari itu tidak ada gugatan ke MK untuk tingkat Kota Cilegon, baru KPU bisa menetapkan,” papar Eli usai pleno, Minggu (5/5).

Dengan seperti itu, menurut Eli, perjalanan untuk sampai mengetahui Wakil Rakyat di DPRD Kota Cilegon periode 2019-2024 masih cukup lama. Ia berharap seluruh pihak bersabar menunggu tahapan demi tahapan selesai.

Dijelaskan Eli, usai rapat pleno di tingkat kabupaten kota, pleno akan dilakukan di tingkat provinsi pada 17 Mei mendatang. Setelahnya, baru dilakukan di tingkat KPU RI hingga tanggal 22 Mei mendatang.

Proses pleno rekapitulasi suara di tingkat KPU Kota Cilegon berlansung dari Sabtu (4/5) sekira pukul 10.00 WIB. Rekapitulasi dilakukan dengan membacakan hasil pemungutan suara dari pilpres, DPR RI, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kota di setiap kecamatan. Proses rekapitulasi pun baru rampung pada Minggu (5/5) sekira pukul 03.30 WIB. (Bayu M)