Hendrawan Supratikno

SERANG – Partai Golkar akan all out untuk bertarung pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2017 dengan mengusung Andika Hazrumy sebagai bakal calon gubernur. Fungsionaris DPP Partai Golkar Nurul Arifin menyatakan, Andika yang menguasai akar rumput di Banten merupakan modal yang sangat besar untuk memenangi Pilgub.

Meski begitu, PDIP yang mengsung Rano Karno sebagai bakal calon gubernur tak gentar. Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno menegaskan, partainya siap bersaing dengan partai mana pun dalam pilgub termasuk dengan Golkar. Menurutnya, PDIP telah melakukan berbagai persiapan untuk memenangkan pilkada serentak 2017 secara nasional termasuk meraih kemenangan di Banten.

“Ya kita tunggu tanggal mainnya saja, kan Pak Rano (petahana yang diusung PDIP-red) saat ini sedang ditugaskan partai untuk mencari calon wakilnya,” kata Hendrawan saat dihubungi Radar Banten, Kamis (14/7). Namun Wakil Sekretaris Fraksi PDIP di DPR RI ini enggan membeberkan strategi partainya untuk memenangkan Rano Karno.‎ “Nantilah, wakilnya saja belum ada. Ya kalau kita bicara banyak sebelum deklarasi pasangan Rano dengan wakilnya enggak enak juga,” katanya.

Menurut Hendrawan, saat ini partainya belum memutuskan akan berkoalisi dengan partai mana saja dalam Pilgub Banten 2017. Namun, partainya sudah melakukan penjajakan dengan sejumlai partai untuk memuluskan persyaratan pengusungan cagub/cawagub minimal 17 kursi. Partainya dapat berkoalisi dengan partai mana pun asalkan memiliki satu pandangan bagaimana membangun Banten. Untuk menyamakan pandangan itu masih cukup waktu karena pendaftaran baru dibuka September untuk cagub/cawagub dari jalur parpol.

“Masalah koalisi, DPP terus menjajaki dan mempelajari. Tidak hanya untuk Pilgub Banten tapi untuk semua daerah yang menggelar pilkada 2017. Tapi semua dilakukan di Jakarta. Itu rahasia partai yang tidak mungkin dibuka ke publik saat ini,” katanya.

BACA : Nurul Arifin : Golkar Yakin Menangi Pilgub Banten

Namun yang jelas, lanjut Hendrawan, ‎DPP PDIP sejak melaksanakan Rakernas Januari 2016 lalu telah melakukan berbagai rencana aksi untuk memenangkan pilkada serentak 2017. April lalu bahkan telah menyelenggarakan pelatihan manajer terhadap 117 kader dari pengurus daerah dan pengurus cabang dari seluruh Indonesia dalam menghadapi pilkada serentak 2017. “Para kader utusan DPD dan DPC telah dididik dan dibekali wawasan dan keterampilan manajer sehingga memiliki strategi yang sehat dalam pertarungan di pilkada 2017,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Ketua Ketua DPP PDIP Bidang Program Kerakyatan Erico Sotardoga. Ia berharap Rano Karno dapat melanjutkan pembangunan di Provinsi Banten. Kata Erico, Rano dapat melakukan penjajakan kepada semua partai untuk menggalang koalisi dan mencari calon pendamping. “Kami sebenarnya dari DPP menunggu bagaimana hasil penjajakan dari Bang Rano maupun DPD Provinsi Banten, tapi sampai saat ini belum dilaporkan finalisasinya,” ujarnya.

Jika nantinya, Rano dan DPD PDIP Provinsi Banten telah melaporkan hasil penjajakan maka DPP akan membahasnya untuk menentukan arah koalisi. (Supri/Radar Banten)