Ilustrasi

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten menyatakan DPD Partai Golkar, DPW Partai Bulan Bintang (PBB), dan DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Banten sudah memenuhi syarat verifikasi faktual setelah melakukan perbaikan persyaratan pada Sabtu (3/2).

Partai Golkar dan Partai Bulan Bintang (PBB) melakukan perbaikan verifikasi faktual oleh KPU Provinsi Banten yang didampingi Bawaslu Provinsi Banten pada pukul 10:00 WIB.  Sedangkan pada pukul 12:00 WIB.

Komisioner KPU Provinsi Banten Saeful Bahri menyatakan, tiga partai tersebut lolos verifikasi faktual. Selanjutnya, pada Senin (5/2) siang, akan diberikan surat resmi ke masing-masing parpol yang dinyatakan memenuhi syarat.

Pada perbaikan verfak, kata Saeful, DPW PKB Provinsi Banten melakukan perbaikan dengan menghadirkan Bendahara DPW PKB Banten Munjiah. Kemudian KPU menyatakan PKB Banten memenuhi syarat.

“PBB karena nomor di KTP tidak sama dengan sipol. Hanya beda satu angka saja. Dan itu sudah selesai diperbaiki,” terangnya, Sabtu (3/2).

Begitupun dengan Golkar, yang memiliki perbedaan huruf antara di KTP dengan surat keputusan yang dikeluarkan. Oleh sebabnya, Golkar dinyatakan memenuhi syarat dengan catatan. Tetapi, setelah melakukan perbaikan, tambah dia, Golkar telah memenuhi syarat verfak.

“Parpol yang perbaikan ini, karena mereka keliru mengentry data yang di sipol. Sementara rekomendasi Bawaslu meskipun salah satu atau dua kata saja, kan belum memenuhi syarat,” tandasnya. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com