Golkar Solid Dukung Tanto, Maju di Pilkada 2020

PANDEGLANG – Keluarnya rekomendasi untuk Wakil Bupati (Wabup) Pandeglang Tanto Warsono Arban untuk kembali maju di pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2020 disambut positif pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Pandeglang.

Buktinya, mereka berjanji sepenuhnya bakal mendukung dan mengamankan rekomendasi tersebut.

Ketua DPD Partai Golkar Pandeglang Gunawan menyatakan mendukung keputusan DPD Golkar Banten terkait rekomendasi kepada Tanto agar kembali maju di pilkada serentak tahun depan. “Kalau kita sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Pak Tanto dan kita jalankan sepenuhnya keputusan dari DPD Golkar Banten. Sikap partai adalah apa yang disampaikan Pak Tanto,” katanya di ruang kerja Wakil Ketua I DPRD Pandeglang, Rabu (6/11).

Gunawan mengaku hingga saat ini partainya terus menjalin komunikasi politik dengan partai politik (parpol) lain. “Komunikasi politik terus kita lakukan. Seperti yang saya sampaikan tadi, apa yang dikatakan Pak Tanto adalah sikap partai, karena sebelum menyampaikan pernyataan, Wawan (Gunawan menyebut namanya-red) sudah ngobrol sama Pak Tanto,” katanya.

Gunawan menyebutkan, arah politik Partai Golkar Pandeglang untuk pilkada serentak nanti tidak akan jauh berbeda dengan apa yang disampaikan ketua DPD Golkar Banten. “Kita serahkan saja kepada DPD Banten, pilkada juga masih lama. Nanti untuk jelasnya akan disampaikan langsung oleh Ketua DPD Golkar Banten (Ratu Tatu Chasanah-red) kepada media, nanti akan ada rilis dengan semua rekan-rekan wartawan. Mohon maaf ya, untuk sementara belum bisa komentar banyak dulu,” katanya mengakhiri pembicaraan.

Selain pengurus Partai Golkar, dukungan kepada Tanto juga disampaikan oleh beberapa pengurus parpol lain. Akan tetapi, dukungan politik itu akan diberikan apabila Tanto masih berpasangan dengan Irna Narulita yang sekarang masih menjadi Bupati Pandeglang. Misalnya Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tb Asep Rafiudin Arief. Kata dia, pasangan Irna Narulita dan Tanto Warsono Arban memiliki kekuatan besar dan bisa menjadi pemenang di Pilkada 2020 mendatang. “Kekuatan Irna-Tanto masih sangat kuat di Pandeglang. Kalau mereka bersatu pasti kuat, kalau pun tidak bersatu, akan kita sampaikan bagaimana arah politik kita, tetapi itu nanti, setelah DPP memutuskan,” katanya.

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Pandeglang Iing Andri Supriadi mengatakan, partainya akan mendukung Tanto apabila berpasangan dengan Irna Narulita. “Kita akan dukung pasangan Irna-Tanto. Apabila tidak berpasangan lagi, tentunya akan kita bahas dengan para pengurus mengenai arah politik kita. Tetapi, Demokrat tetap akan mendukung Irna di pilkada serentak nanti,” katanya.

Pernyataan berbeda disampaikan Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Pandeglang Yadi Murodi. Kata dia, partainya telah mengusung kader internal di pilkada serentak mendatang. “Kita sudah punya kader untuk bersaing di pilkada. Saya kira kita masih punya peluang untuk memenangkan pilkada nanti. Tetapi, kalau Irna berpasangan dengan Andiara (Andiara Aprilia Hikmat-red) atau Ade Rossi (Ade Rossi Chaerunnisa), sudah selesai pilkada serentak,” katanya. (dib/zis)