Google Classroom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh

0
1715

Oleh: Tri Amalia

Pandemi Covid-19 di Indonesia memaksa dihentikannya kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah. Kegiatan pembelajarannya pun dilaksanakan melalui pembelajaran online. Dengan adanya pembelajaran online, baik guru dan siswa dapat juga belajar menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran. Berbagai upaya dilakukan oleh guru yang merupakan pionir dalam dunia pendidikan untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dari segi kemudahan dan kebiasaaan penggunaannya, aplikasi yang paling banyak digunakan saat ini adalah aplikasi Whatsapp Group. Namun dari segi e-learning, penggunaan Whatsaap Group memiliki kelemahan, seperti belum adanya sistem organisasi untuk penyelenggaraan kegiatan pembelajaran.

Kini, tren pemilihan aplikasi lain yang banyak digunakan adalah aplikasi Google Classroom. Aplikasi ini dapat diakses secara gratis oleh guru dan siswa untuk digunakan sebagai media pembelajaran online di era Covid-19 saat ini. Google Classroom dapat membantu guru dalam membuat dan mengatur tugas kelas dengan cepat dan mudah, memberi masukan secara langsung dan efektif, dan berkomunikasi dengan siswa tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Untuk siswa, penggunaan aplikasi Google Classroom akan membuat pembelajaran menjadi lebih efektif. Karena siswa dapat belajar menyimak, membaca, dan mengirim tugas dari jarak jauh.

Mengenal Google Classroom

Google Classroom merupakan inovasi dari Google For Education yang menarik untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh bagi guru dan siswa. Google classroom sebagai media yang dapat digunakan siswa dalam belajar baik didalam maupun diluar waktu pembelajaran yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk menyederhanakan proses berbagi tugas anatara guru dan siswa. Google Classroom menggabungkan google drive (untuk membuat dan mendistribusikan tugas), google dokumen, folmulir, slide untuk menulis, gmail untuk komunikasi, dan google kalender untuk perencanaan. Aplikasi Google Classroom tersedia bagi pengguna seluler perangkat iOS dan Android yang dapat membantu pengguna dalam mengunggah foto/video, melampirkan tugas-tugas, berbagi dokumen dari aplikasi lain, dan mengakses suatu informasi secara offline. Pemanfaatan Google Classroom pada pembelajaran jarak jauh sejalan dengan pembelajaran semiotika teknologi pada mata kuliah Information and Communication Tecnology (ICT) pendididkan bahasa Indonesia Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta.

Implementasi Pembelajaran dengan Google Classroom

Pertama yang harus dilakukan adalah guru membuat kelas di Google Classroom lalu siswa memasukan akunnya untuk berpartisipasi dalam kelas tersebut. Setelah itu guru memberikan materi pembelajaran berupa PowerPoint, video, buku teks, dan mengirim pertanyaan. Selain mengirimkan materi guru juga dapat membuat absen sesuai mata pelajaran. Dalam pembelajaran siswa berperan aktif dalam diskusi terkait materi yang disajikan. Beberapa siswa mengajukan pertanyaan, dan siswa lain dapat memberi jawaban ataupun pendapatnya tentang pertanyaan yang diajukan. Tahap terakhir adalah evaluasi, dimana guru menyerahkan tugas kepada siswa untuk dikumpulkan sesuai waktu yang telah ditentukan. Selain penilaian kognitif guru juga dapat menilai pendidikan karakter yang dimiliki siswa dalam pembelajaran.

Semiotika Teknologi

Suatu konsep pengajaran pada manusia untuk memberikan makna dan memaknai tanda pada objek tertentu dapat diartikan sebagai semiotika. Dalam aplikasi teknologi pembelajaran jarak jauh tentunya memiliki sebuah tanda dan makna. Semiotika teknologi yang terdapat pada aplikasi Google Classroom adalah tulisan, simbol, gambar, dan bentuk lainnya. Misalkan ketika guru memberikan materi atau absen kepada siswa tanpa penjelasan, tetapi siswa tersebut memahami maksud dari guru tersebut dengan membuka materi tersebut dan mengisi daftar hadir dengan sesuai. Atau guru atau siswa menggunakan emoji untuk menggambarkan perasaan yang sedang dialaminya.

Pemanfaatan teknologi harus tepat dan sesuai dalam pembelajaran. Guru harus bisa mengaplikasikan teknologi dalam melakukan pembelajaran jarak jauh agar siswa tetap menerima ilmu dengan baik. Semiotika sangat mendukung pembelajaran melalui tanda atau simbol yang diberikan guru kepada siswa, agar siswa tersebut dapat memaknai tanda atau simbol tersebut. Sistem tanda dalam pembelajaran berfungsi untuk menyampaikan atau menerima materi agar siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. (*)

*Penulis adalah Guru SMP Muhammadiyah 19 dan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof.DR. Hamka (UHAMKA)