SUDAH buka google hari ini?

Di sana bakal muncul google doodle Caroline Herschel. Hari ini, 16 Maret, merupakan peringatan kelahiran Caroline 266 tahun yang lalu. Siapa dia?

Pemilik nama lengkap Caroline Lucretia Herschel ini adalah sosok yang sangat berjasa di bidang astronomi atau ilmu perbintangan. Lahir pada 16 Maret 1750 di Hanover, Jerman, astronomi memang sudah menjadi daya tarik buat Caroline kecil. Kakaknya, Sir William Herschel, juga merupakan ilmuwan yang membaktikan diri dalam ilmu astronomi.

Dirangkum dari berbagai sumber, termasuk wikipedia, nama Caroline berkibar usai menemukan komet yang dikenal sekarang dengan 35P atau komet Herschel-Rigollet pada 21 Desember 1788. Berkat jasanya Caroline diberikan Golden Medal Royal Astronomical Society pada tahun 1828, sebuah penghargaan khusus buat mereka yang berkontribusi dalam bidang astronomi.

Caroline Herschel, saat berusia 92 tahun. Foto: wikipedia

Caroline yang juga merupakan anggota kehormatan Royal Astronomical Society ini telah membantu kakaknya menghasilkan reflecting teleskop bagi dunia.

Selain ahli astronomi, Caroline juga jago matematika aljabar. Gara-gara dia, lahir rumus perhitungan dan konversi sebagai dasar dalam mengamati bintang dan berapa ukuran jarak astronomi. Wanita ini meninggal di usia 97 tahun, tepatnya pada 9 Januari 1848, di tempat kelahirannya. (adk/jpnn)