Gotong Royong Hidup Lagi di RW 01 Kampung Kopi

0
296 views

GUNUNGSARI – Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 mengembalikan semangat gotong royong warga RW 01, Kampung Kopi, Desa Sukalaba, Kecamatan Gunungsari. Warga mulai menata kampungnya dengan membuat pagar bambu.

Warga saling bahu-membahu menata kampung. Ada yang bolak-balik ke kebun untuk mengambil batang bambu. Ada pula yang berkumpul di tengah kampung untuk merangkai bilah-bilah bambu menjadi pagar.

Ketua RW 01 Asfuri mengaku sudah lama merindukan suasana gotong royong di kampungnya. Sejak ditunjuk untuk mengikuti LKBA oleh Lurah Sukalaba Rohedi, warganya termotivasi untuk membenahi kampung.

”Gotong royong di sini hidup lagi,” tegasnya kepada Radar Banten, Selasa (22/9).

Sebelumnya, warga hanya membersihkan lingkungan rumah masing-masing. Namun, kini, warga saling iuran. Ada yang menyumbang bambu, ada yang memberikan uang untuk makan, dan ada yang membelikan peralatan seperti paku dan kawat. ”Swadayanya juga berjalan,” aku Asfuri.

Ia ingin, Kampung Kopi menjadi kampung yang bersih, indah, dan aman. Terlebih, kampungnya telah memiliki potensi untuk menjuarai LKBA. RW 01 berada di perkebunan melinjo dan tanaman lainnya. ”Semoga kita menjadi juara,” harapnya.

Kepala Desa Sukalaba Rohedi mengakui antusiasme warganya menyambut LKBA. Bahkan, sekarang kegiatan sistem keamanan lingkungan (siskamling) pun kembali aktif. ”Setiap malam, pemuda berjaga di pos ronda,” katanya.

Rohedi berjanji akan segera mengurus penerbitan surat keputusan pembentukan kelompok sadar hukum dan kelompok sadar lingkungan di RW-RW wilayahnya. Ia menargetkan, semua persyaratan fisik maupun administrasi untuk lomba akan dipenuhi.

”Kita upayakan menunjukkan hasil terbaik,” pungkas Rohedi. (mg06/don)