Gotong Royong Warga RW 07 Pabuaran Kejayan Aktif Lagi

0
313

KRAMATWATU – Warga RW 07, Kampung Pabuaran Kejayan, Desa Pejaten, Kecamatan Kramatwatu, kembali aktif gotong royong. Mereka terdorong membersihkan lingkungan dan melakukan penghijauan, mempersiapkan kampungnya di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020.

Minggu (1/11) pagi, bapak-bapak, pemuda, bahkan ibu-ibu kompak mengikuti kerja bakti. Mereka membersihkan rumput dan sampahplastik di pinggir jalan dan menanam pohon untuk penghijauan.

Ketua RW 07 Halwani menjelaskan bahwa gotong royong dilakukan juga karena sudah memasuki musim hujan. Warganya khawatir, kampungnya banjir akibat banyak sampah yang bisa menggenangi saluran pembuangan air.

“Tapi setelah rapat, akhirnya sekalian aja nanti ditata untuk LKBA. Biar gotong royongnya aktif lagi, enggak sekali doang,” katanya kepada Radar Banten.

Halwani mengakui jika warganya, terutama ibu-ibu, sempat ragu dengan keikutsertaan RW 07 pada LKBA tahun ini. Soalnya, pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Warga kampung ini akhirnya semangat untuk memberikan yang terbaik bagi kampungnya setelah Pemerintah Desa Pejaten mengimbau untuk menata kampung. ”Orang dari desa ngajak terus buat gotong royong, ngeyakinin warga buat ikut LKBA. Akhirnya kita jadi kebawa semangat,” ungkap Halwani.

Sementara itu, Kepala Desa Pejaten Ahmad Rofei mengaku, kegiatan gotong royong ini merupakan kesadaran warga akan pentingnya menjaga lingkungan. ”Kami hanya menstimulus dengan terus menyosialisasikan LKBA, akhirnya tambah semangat menata kampungnya,“ ujar Rofei.

Pekan ini, Rofei mengaku bakal kembali mengajak warga RW 07 untuk musyawarah membahas rencana penataan kampung ini. “Termasuk soal anggaran, saya ajak warga swadaya,” pungkasnya. (mg06/don)