Grafiti Menghiasi Jalanan RT 01 Kaliwadas

SERANG – Berbagai grafiti terpampang di sepanjang jalan masuk RT 01 RW 06, Lingkungan Kaliwadas, Kelurahan Lopang, Kecamatan Serang. Alhasil, perkampungan ini berubah. Menjadi lebih berwarna. Artistik.

“Yang sudah kami lakukan pengecatan. Kebetulan, di lingkungan kami ada warga yang suka membuat lukisan graffiti di tembok, dan mereka mau membantu melakukan penataan dengan membuat berbagai lukisan graffiti. Saya juga bantu sih, kebetulan bisa juga (melukis-red),” ujar Ketua RT 01 Ahmad pada Jumat (10/7).

Purnawirawan Polri ini menuturkan, sejak Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 di-launching, Februari lalu, warganya mulai menata lingkungan. Bertahap. Dimulai dengan membuat lukisan grafiti di tembok-tembok di pinggir gang-gang RT 01.

“Kebetulan tembok di gang masuk lingkungan kami cocok untuk dimanfaatkan menjadi kanvas. Jadi bisa kami manfaatkan,” jelas Ahmad.

Upaya untuk menghijaukan lingkungan ini juga dilakukan warganya. Mereka punya tantangan untuk merealisasikannya. Sebab, lahan di RT 01 sangat terbatas.

Solusinya, warga menggunakan pot gantung untuk menanam bunga atau tanaman hias lainnya. Pot-pot itu digantung di tembok tembok rumah warga. Sementara, warga yang punya pekarangan rumah, diminta untuk menanam tanaman langsung ke tanah.

“Alhamdulillah, warga memang sudah sadar akan pentingnya menjaga kebersihan, sehingga mereka rutin menyapu halaman masing masing,” ungkap Ahmad.

Ketua RW 06 Agus mengakui antusiasme warga RT 01 ketika menghias lingkungannya dengan lukisan-lukisan grafiti. Kegiatan pengecatan itu juga dilakukan di jalan paving block di seluruh lingkungan RT 01. Dari gerbang depan hingga wilayah perbatasan dengan RT lain.

“Di sini (RT 01-red), semua paving block dan tembok depan rumah warga dicat. Tidak setengah-setengah,” tandas Agus. (rio/don)