Grand Final Bintang Sains 2019 Kabupaten Serang Berlangsung Sukses

0
326
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memberikan piala bergilir Bintang Sains 2019 Kabupaten Serang kepada juara I Pringgo Syafia Widyanto, pada grand final Bintang Sains 2019 Kabupaten Serang, di hotel Swiss Belinn, Cikande, Kabupaten Serang, Jumat (21/3).

Tur Luar Negeri Menanti

SERANG – Bintang Sains 2019 Kabupaten Serang memasuki grand final setelah sukses menggelar road show di 29 kecamatan. Hasilnya, enam besar juara dari enam sekolah sudah didapatkan panitia untuk menerima sejumlah hadiah. Tiga besar di antaranya segera diberangkatkan untuk mengikuti study tour ke luar negeri.

Grand final Bintang Sains 2019 Kabupaten Serang diselenggarakan di Hotel Swiss Belinn, Kecamatan Cikande, Kamis (21/3). Acara berlangsung lancar dan sukses.

Adapun para juara Bintang Sains 2019 Kabupaten Serang, yakni Pringgo Syafiq Widyanto dari Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Insani, Kecamatan Kramatwatu, yang meraih juara pertama, juara kedua Fathiya Azka dari SDIT Al-Nadzir, Kecamatan Cinangka, dan juara ketiga Ratu diraih Salma Qonita dari SDN Anyar 1. Untuk juara harapan diraih Amarsya Ruziqna dari SDN Pasir Buah, Kecamatan Gunungsari, Tubagus Islami Pasha dari SDN Ukirsari, Kecamatan Bojonegara, dan Fathan Ezra Sudarman dari SDN Mandaya 3, Kecamatan Carenang.

Ibunda Pringgo Syafia menangis haru ketika mengetahui anaknya meraih juara.

Selain piala tetap, enam besar juara juga menerima piagam penghargaan, hadiah beasiswa dari Primagama, uang pembinaan, serta tambahan uang pembinaan dari kantong pribadi bupati. Khusus juara pertama meraih piala bergilir bupati. Untuk tiga besar juara didampingi kepala sekolahnya masing-masing segera diberangkatkan panitia untuk study tour ke negara Malaysia-Singapura yang dijadwalkan berangkat pada 22 April.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah didampingi Direktur Radar Banten dan Banten Raya TV Mashudi (tengah), unsur Forkompimda Kabupaten Serang, jajaran Pemkab Serang, direksi Radar Banten Group, dan tamu undangan lainnya berfoto bersama para juara Bintang Sains 2019 Kabupaten Serang.

Grand final Bintang Sains 2019 Kabupaten Serang disaksikan langsung oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Hadir Direktur Radar Banten dan Banten Raya TV Mashudi, Asisten Daerah (Asda) II Pemkab Serang Adjat Gunawan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya dan jajarannya, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Serang, jajaran direksi Radar Banten Group, dan para perwakilan sponsor dari Bank Indonesia (BI), Bank bjb, Bank Banten, Primagama, dan PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP). Lomba juga disaksikan para pengawas SD, ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), dan pengurus PGRI kecamatan se-Kabupaten Serang.

Sebelum memasuki babak penentuan, lomba diselingi dengan acara sambutan-sambutan dari Direktur Radar Banten dan Banten Raya TV Mashudi, serta Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah yang memberikan motivasi kepada para finalis. Jalannya final Bintang Sains berlangsung seru dan menegangkan. Seruan para pengawas, kepala sekolah, dan guru pendamping terdengar riuh dari tribun penonton yang juga terlihat tegang saat menyaksikan jalannya lomba.

Mashudi mengungkapkan, Bintang Sains 2019 Kabupaten Serang diikuti 4.934 peserta dari 730 SD negeri dan swasta di kabupaten Serang. Jumlah peserta mengerucut menjadi 290 peserta dari 184 sekolah pada babak final.

“Kami berharap tahun depan peserta lebih banyak yang ikut Bintang Sains,” harapnya.

Direktur Radar Banten dan Banten Raya TV Mashudi menyerahkan piala tetap kepada Ratu Salma Qonita sebagai juara III.

Ditegaskan Mashudi, Radar Banten sebagai media massa siap mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Serang, termasuk mendukung program Pemkab Serang. Katanya, peran media bukan hanya memproduksi konten berita, melainkan juga menggelar event yang mendukung bidang pendidikan. “Sekarang Cilegon, Pandeglang, Lebak juga merespons baik kegiatan Bintang Sains,” ujarnya.

Menurut Mashudi, potensi siswa di Kabupaten Serang luar biasa. Di bawah kepemimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, diyakini Mashudi, mutu pendidikan di Kabupaten Serang bisa terus meningkat. “Dengan adanya acara Bintang Sains, saya berharap kualitas pendidikan di Kabupaten Serang terjadi lompatan jauh meninggalkan kabupaten kota lain yang ada di Banten,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengapresiasi dan menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap acara Bintang Sains 2019 di Kabupaten Serang yang digagas Radar Banten. Apalagi saat ini Pemkab Serang tengah menjadikan bidang pendidikan sebagai skala prioritas.

“Bintang Sains sangat membantu meningkatkan kecerdasan anak-anak dan pada akhirnya juga meningkatkan IPM (indeks pembangunan manusia) di Kabupaten Serang,” harapnya.

Tatu menilai, Bintang Sains merupakan kegiatan luar biasa, bukan hanya mengetes tingkat kecerdasan anak, melainkan juga membentuk karakter anak. “Persoalan sportivitas dan daya juang inilah yang tidak mereka dapatkan di kelas. Hal ini hanya didapatkan di ajang lomba Bintang Sains ini,” ujarnya.

Tatu berharap, Bintang Sains 2019 menjadi agenda rutin setiap tahun. Ia berjanji, Pemkab Serang melalui Dindikbud Kabupaten Serang akan terus mendukung kegiatan Bintang Sains. Ibu tiga anak itu menilai, Bintang Sains mampu memberikan motivasi kepada setiap siswa dan tenaga pendidik,

“Ini akan jadi masukan dan motivasi guru di sekolah untuk terus meningkatkan kuaiitas pendidikan,” serunya.

Kepala Dindikbud Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya menyerahkan hadiah kepada juara.

Tatu memastikan, tahun depan akan lebih banyak lagi sekolah di Kabupaten Serang yang ikut berpartisipasi pada ajang Bintang Sains. Pada kesempatan itu, Tatu memberikan hadiah tambahan dari kantong pribadinya untuk enam juara Bintang Sains 2019.

Perwakilan Primagama menyerahkan beasiswa kepada para juara.
GM Operational PT Prima Edu Pendamping Belajar Primagama Pusat Wahyono Bintarto memberikan materi training motivation.

Kepala Dindikbud Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya menilai, Bintang Sains berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Serang. Selain momen yang sangat membanggakan bagi anak-anak.     

“Anak-anak belajar kemenangan dan kekalahan, ini menjadi cerminan guru dan kepala sekolah untuk melakukan evaluasi pembelajaran,” pesannya. (Haidaroh/RBG)