Grand Final Bintang Sains 2019 Kota Serang: Memotivasi Belajar, Diusulkan Jadi Agenda Tahunan

0
718 views
Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin memberikan piala bergilir kepada juara I Bintang Sains 2019 tingkat Kota Serang Mochammad Nabil Dary Syawal siswa SD Al Azhar 10 pada acara Grand Final Bintang Sains, di Radar Arena, Kota Serang, Senin (25/3).

SERANG – Grand final Bintang Sains 2019 Kota Serang sudah selesai. Para juara lomba juga sudah diumumkan. Untuk juara pertama dan kedua diraih Nabil Dary Syawal dan Ratu Utami Dewi dari SDIT Al Azhar 10 Serang, juara ketiga ditempati Adelia Nurul Hasanah dari SDIT Al-Izzah Serang. Sementara juara harapan diraih Michael Hanson Sugiharto dari SDS Evfia Land, Fillbert Hadriadi Gulo dari SD Harapan Bangsa, dan Aliza Putri Thalita dari SDN Bhayangkari. Event lomba mata pelajaran matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA) itu pun diusulkan menjadi agenda rutin tahunan, tidak hanya untuk siswa SD saja, melainkan juga tingkat SMP.

Grand final Bintang Sains 2019 Kota Serang yang dilaksanakan di Radar Arena, Graha Pena Radar Banten, Senin (25/3) itu, berlangsung sukses dan lancar. Hadir Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin, Direktur Radar Banten dan Banten Raya TV Mashudi, Forum Pimpinan Komunikasi Daerah Kota Serang, Sekda Pemerintah Kota (Pemkot) Serang yang juga selaku Ketua PGRI Kota Serang Tb Urip Henus, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang Akhmad Zubaidillah, CEO Regional IV Bank bjb Edi Kurniawan, perwakilan Primagama, Bank Indonesia (BI), Bank Banten, serta seluruh jajaran Dindikbud Kota Serang. Hadir pula para kepala UPTD pendidikan, pengawas, dan ketua kelompok kerja kepala sekolah (K3S) se-Kota Serang, serta para guru dan orangtua siswa.

Sebelum lomba dimulai, perwakilan dari Primagama memberikan training motivation kepada 110 finalis dari 65 SD di enam kecamatan se-Kota Serang. Sekadar diketahui, 110 finalis merupakan hasil seleksi dari 2.097 siswa di 253 SD se-Kota Serang yang mengikuti Bintang Sains.

Acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, dari Direktur Radar Banten dan Banten Raya TV Mashudi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang Akhmad Zubaidillah, dan Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin yang memberikan motivasi kepada para finalis. Jalannya final Bintang Sains berlangsung seru dan menegangkan. Riuh para pengawas, kepala sekolah, dan guru pendamping dari tribun penonton yang memberikan semangat kepada peserta terus terdengar selama jalannya lomba layaknya piala dunia. Terutama saat penentuan enam besar juara. Teriakan dan tepuk tangan dari tribun penonton pecah.

Direktur Radar Banten dan Banten Raya TV Mashudi mengatakan, tidak hanya dari sekolah-sekolah utama yang bisa tampil pada grand final, melainkan juga dari sekolah-sekolah yang bahkan belum pernah didengar namanya selama ini. Ia berharap, tahun depan peserta yang mengikuti kegiatan Bintang Sains lebih banyak lagi. “Mungkin saja ke depan studi tur yang akan dihadiahkan bukan lagi ke Singapura dan Malaysia, tapi ke Jepang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dindikbud Kota Serang Akhmad Zubaidillah mengapresiasi event Bintang Sians yang diselenggarakan Radar Banten dan Banten Raya TV. Menurutnya, event menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kota Serang. Bahkan, ia mengusulkan agar Bintang Sains menjadi agenda rutin tahunan, tidak hanya untuk siswa SD saja, melainkan juga tingkat SMP. “Kegiatan ini momen yang baik untuk mengukur prestasi. Para guru dan pengawas juga dapat menjadi indikator,” tuturnya.

Sementara Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin menilai, Radar Banten dan Banten Raya TV sudah membuktikan cintanya kepada masyarakat Kota Serang dengan menyelenggarakan Bintang Sains. Menurutnya, event sangat baik untuk memotivasi semangat belajar anak-anak karena disaksikan masyarakat banyak dan didukung oleh media televisi yang terpantau khalayak ramai. Menurutnya, dengan sinergitas antara masyarakat, Pemkot Serang dengan media massa di Kota Serang seperti Radar Banten dan Banten Raya TV akan berdampak pada pendidikan di Kota Serang lebih baik dan berkualitas. “Saya sangat apresiasi kepada Radar Banten dan Banten Raya TV yang sudah menyelenggarakan Bintang Sains 2019, karena menumbuhkembangkan semangat para peserta didik dan tenaga pendidik di Kota Serang,” ucapnya.

Selain piala tetap, enam besar juara juga menerima piagam penghargaan, hadiah beasiswa dari Primagama. Khusus juara pertama meraih piala bergilir dari Walikota Serang yang diserahkan Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin. Untuk tiga besar juara didampingi kepala sekolahnya masing-masing segera diberangkatkan panitia untuk studi tur ke Malaysia-Singapura yang dijadwalkan berangkat pada 22 April. (nna/zai/air/ags)