Grand Final Kang Nong Banten 2017 Digelar Besok

0
98

SERANG – Grand Final Kang Nong Banten 2017 akan digelar besok, Jumat (24/11) di Plaza DPRD Provinsi Banten. 32 finalis mewakili delapan kabupaten kota akan bersaing memperebutkan gelar Kang dan Nong.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten Eneng Nurcahyati menjelaskan, para finalis tersebut sudah dipilih melalui proses panjang yang dilakukan oleh Dispar Kabupaten Kota.

“Ada yang sudah mulai seleksi dari tahun 2016, ada juga seleksinya dilakukan pada tahun ini,” papar Eneng dalam keterangan pers di kantor Dispar Provinsi Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Kamis (23/11).

Di Dispar Provinsi Banten sendiri, para finalis melewati sejumlah tahapan, seperti tahapan administrasi dan psikotes, tes tertulis terkait wawasan kepariwisataan dan pemerintahan.

“Kemudian ada juga sesi foto, sesi pembuatan profil pengenalan jati diri, tinggal bersama masyarakat Banyubiru (Labuan, Kabupaten Pandeglang),” kata Eneng.

Tujuan dari penempatan finalis dengan masyarakat, agar para finalis lebih tahu tentang kondisi masyarakat Banten. Para finalis selama dua hari berkomunikasi secara langsung dengan masyarakat.

“Tujuannya bukan hanya menetapkan Kang dan Nong dari fisik, kami menyadari ketersediaan peran serta SDM dalam mendukung pariwisata sangat penting. Kami kencoba menghasilkan Kang Nong dengan kualitas yang jauh lebih baik,” ujarnya.

Kasi SDM Dispar Banten Rohendi menambahkan, penempatan finalis di Banyubiru karena sebelumnya ada beberapa tanggapan agak miring soal Kang Nong Banten. “Jadi kita berupaya agar Kang Nong tahu kondisi masyarakat, tidak hanya pariwisata,” tuturnya.

Menurutnya, dengan Kang Nong datang ke sana, geliat pariwisata di Desa Banyubiru pun menjadi meningkat. Karena semakin banyak masyarakat yang tahu tentang pesona desa wisata Banyubiru.

“Nanti setelah menjadi Kang Nong, selama setahun setiap bulan mereka harus melaporkan aktivitas pribadi dan mempromosikan agenda pariwisata,” katanya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)