Gubernur Banten – Kemenhub Bahas Bandara Bansel

Pertemuan tertutup Gubernur Banten Rano Karno dengan Kementerian Perhubungan
Pertemuan tertutup Gubernur Banten Rano Karno dengan Kementerian Perhubungan

SERANG – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hari ini melakukan pertemuan tertutup dengan Gubernur Banten Rano Karno. Pertemuan yang diwakili oleh Staf Ahli Bid Ekonomi Kawasan dan Kemitraan Kementerian Perhubungan, Umiatun Hayati Triastuti, Staf Ahli Mutli Moda Losgitik dan Keselamatan, Tony Budiono dan Staf Khusus bidang hubungan antar lembaga M Atok Nurraan.

Pembahasan dalam pertemuan tersebut beberapa di antaranya terkait reaktivasi rel kereta dan Bandara Banten Selatan di Panimbang. “Pertemuan ini sebetulnya seperti keinginan Pak menteri untuk mendengarkan kebutuhan Pemerintah Daerah dalam sektor perhubungan, kami juga memaparkan sejumlah program nasional untuk disinkronkan dengan pemerintah daerah,” kata Hayati saat ditemui setelah melakukan pertemuan dengan Gubernur Banten Rano Karno di ruang kerja gubernur, Selasa (16/2/2016).

Hayati pun mengungkapkan, beberapa program nasional di bidang perhubungan yang dibahas seperti reaktivasi rel kereta yang menuju Padeglang dan pembangunan bandara di Pandeglang. “Iya, reaktivasi beberapa jalur kereta api di Banten sudah menjadi program, tahun ini sudah mulai, nanti ditargetkan Juni jika stasiun Maja (Kabupaten Lebak) sudah selesai Pak menteri akan meresmikan dengan Pak gubernur,” katanya.

Terkait kondisi rel kereta yang telah menjadi pemukiman warga, menurut Hayati hal tersebut menjadi perhatian Pemerintah daerah. “Itu butuh bantuan pemerintah daerah dan masyarakat, komunikasikan dengan baik,” ujarnya.

Terkait Bandara, menurut Hayati saat ini Pemerintah pusat masih menunggu permohonan izin apakah bandara tersebut akan dibangun oleh Pemerintah atau oleh pihak swasta. “Itu masih dalam pengkajian,” ujarnya. (Bayu)