SERANG – Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) 2017 dibuka secara resmi oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah bersama Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Mumus Muslim, Gubernur Banten Wahidin Halim, dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Sabtu (19/8).

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, acara tersebut memberikan makna agar warga sekitar bisa  menjaga alam secara baik. Sehingga objek pariwisata bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Banten. Ia juga  mengimbau agar pemilik hotel memberikan kontribusi dengan menjaga kebersihan di tempat wisata.

“Berapapun biaya yang dibutuhkan akan kami dukung untuk memajukan pariwisata di Banten, kalau bisa pemda buatlah kelompok bebersih agar wisata menjadi aman dan nyaman,” ungkapnya.

Wahidin menambahkan, pemerintah daerah (pemda) dalam mengelola wisata dilakukan secara  kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Banten sehingga potensi wisata Banten bisa terangkat ke level nasional dan dikenal internasional. Dukungan  Pemerintah Provinsi Banten seperti melakukan pelebaran jalan utama wisata.

“Kami sudah ajukan ke pemerintah pusat untuk melebarkan jalan utama dan sudah disetujui. Wisata juga kita angkat pada  kearifan lokal yang terdapat di daerah agar bisa dikenal secara nasional,” imbuhnya.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menjelaskan, potensi wisata Anyer bisa dinikmati oleh masyarakat dengan adanya seni dan kebudayaan yang beragam di Kabupaten Serang.

“Kami juga mengangkat potensi UMKM di Kabupaten Serang dengan harapan produk UMKM mudah dalam pemasaran dan acara ini akan kita jadikan ajang tahunan,” katanya.

Masih kata Tatu, AKCF juga menajadi ajang promosi silat keserangn yang akan dijadikan muatan lokal (mulok) di sekolah SD dan SMP.
“Optimis, kebudayaan kita akan lebih dikenal oleh masyarakat luar provinsi
karena mulok ini juga akan dijadikan perlombaan di setiap sekolah,” ujarnya.

Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Mumus Mulsim mengungkapkan, Presiden RI menargetkan 15 juta wisatawan datang ke Indonesia dan  AKCF bisa menaikkan potensi wisatawan.
“Dengan adanya kegiatan ini bisa membantu meringankan target nasional. Jika seluruh daerah mengadakan acara seperti ini maka saya yakin taget tersebut bisa terwujud,” ujarnya.(Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).