SERANG – Ribuan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Banten mengikuti jalan santai dan memancing bersama di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Curug, Kota Serang, Minggu (26/8). Selain ASN Pemprov, kegiatan tersebut turut melibatkan unsur perwakilan pegawai pemkab, pemkot, instansi vertikal, dan Forkominda Banten, mahasiswa, pelajar, dan masyarakat umum.

Acara rangkaian peringatan HUT ke-73 RI ini dilepas Gubernur Banten Wahidin Halim didampingi Wakil Gubernur Andika Hazrumy, Plh Sekda Banten Ino S Rawita, Ketua DPRD Banten Asep Rahmatulah, dan sejumlah kepala OPD Pemprov Banten.

Usai jalan santai yang menempuh jarak sekira 4,2 kilometer, Wahidin Halim menyampaikan beberapa pesan kepada peserta yang hadir di panggung utama di lokasi memancing yang dipusatkan di danau samping Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Banten. Pesan itu berupa rencana penataan lingkungan dan kawasan yang ada di sekitar KP3B sebagai kawasan hijau. Antara lain melestarikan danau atau kolam retensi III sebagai sumber konservasi sekaligus tempat rekreasi untuk masyarakat khususnya para ASN.

“Mulai hari ini (kemarin-red), kita tetapkan danau ini sebagai tempat pemancingan ikan. Tapi, perlu diingat untuk tidak memancing anak-anak ikan. Jika melanggar maka akan dikenakan denda,” ujar Wahidin.

Ia berharap, danau KP3B menjadi tempat arena rekreasi bagi ASN. Sekaligus area konservasi dan dapat dimanfaatkan sebagai ruang publik. “Tentu saja perlu dijaga kebersihan area tersebut agar ada harmonisasi antara aparatur yang ada dengan fasilitas ruang publik yang sangat memadai,” katanya.

Wakil Gubernur Andika Hazrumy mengatakan, jalan santai dan memancing bersama ini sekaligus untuk menjalin kebersamaan antara ASN Pemprov dan masyarakat.

“Berharap hal ini menjadikan hubungan masyarakat dengan pemerintah semakin harmonis sehingga dapat membangun Banten bersama dengan lebih baik,” katanya.

Menurutnya, danau yang ada di KP3B bisa menjadi ruang publik untuk rekreasi. Apalagi, sudah dibangun spot taman dan arena untuk joging. “Jadi kalau hari libur, bisa untuk rekreasi dan joging di sini. Makanya, di sana juga ada tempatnya,” ujarnya.

Plh Sekda Banten Ino S Rawita menambahkan, pada dasarnya kegiatan ini dibuat untuk menyatukan kebersamaan antara masyarakat dan pemerintah selain memeriahkan HUT ke-73 RI dan menyukseskan Asian Games 2018.

Acara tersebut juga diselingi dengan beberapa permainan tradisional yang diikuti pelajar-pelajar dari berbagai SMA dan SMK yang ada di Kota Serang dan sekitarnya. Peserta juga diminta untuk memungut sampah yang ada di sekitar KP3B. (ken/aas/dwi)