Gugus Tugas Covid-19 Stop Posko Pengawasan di 13 Wilayah Perbatasan

0
3.375 views
Petugas cek poin melakukan pemeriksaan kendaraan yang mau memasuki wilayah Lebak.

LEBAK – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyetop kegiatan pengawasan di 13 pos jaga di wilayah perbatasan dan stasiun kereta api mulai 17 Juni 2020. Karena itu, pos jaga di 13 lokasi akan dibongkar dan personel yang ditugaskan akan ditarik ke instansinya masing-masing.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Kaprawi mengatakan, pembubaran pos jaga di wilayah perbatasan dan tiga stasiun di wilayah Lebak didasarkan pada hasil evaluasi Gugus Tugas kabupaten. Karena, Gugus Tugas menilai musuh atau virus sudah ada di wilayah Lebak. Karena dalam beberapa pekan terakhir terjadi lonjakan kasus corona akibat transmisi lokal dan imported case.

“Iya, hari ini temen-temen terakhir jaga di pos perbatasan. Karena mulai 17 Juni kegiatan pengawasan di pos jaga dihentikan semuanya,” ungkap Kaprawi kepada Radar Banten, Selasa (16/7/2020).

Dijelaskannya, Pemkab Lebak akan lebih intens melakukan pengawasan di wilayah Lebak. Misalnya dengan meningkatkan patroli untuk mencegah terjadinya kerumuman di pusat-pusat keramaian di pasar, stasiun, terminal, dan Alun-alun Rangkasbitung.

“Nanti kita awasi pergerakan massa di wilayah Lebak untuk mencegah penyebaran virus corona semakin massif di Lebak,” tegasnya.

Ditanya terkait anggaran untuk insentif personel gabungan yang jaga di pos perbatasan dan stasiun, Kaprawi mengungkap, anggaran tersebut sebagian tidak terserap. Dana insentif yang terserap kurang lebih Rp2 miliar dari total anggaran untuk insentif atau uang lelah petugas Rp6,4 miliar.

“Jadi yang sudah terserap untuk uang lelah rekan-rekan di lapangan Rp2 miliar lebih. Sisanya nanti untuk apa, akan diserahkan kepada Gugus Tugas,” tukasnya. (Mastur)