Gunung Batur Rawan Longsor

Lurah Mekarsari Syamlawi meninjau lokasi yang longsor di Gunung Batur

LINGKUNGAN Gunung Batur yang berada di Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, rawan longsor. Beberapa waktu lalu, akses yang menghubungkan Lingkungan Mekar Jaya, Gunung Batur 1, dan Gunung Batur 2 tertutup material longsor.

Ketua RT 01 lingkungan Mekar Jaya Halubi menjelaskan, gunung tersebut alami longsor akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Merak dan sekitarnya. Tembok penahan tanah (TPT) yang menahan dinding gunung tak kuat menahan hingga akhirnya longsor. “Waktu longsor itu sekitar jam 12 siang pas hujan deras, suara longsor kedengeran keras,” katanya, kemairn.

Selain longsor, air juga turun dan masuk ke rumah warga yang berada di lingkungan Mekar Jaya. “Untuk kelancaran masyarakat berlalu-lalang, saya bersama warga yang berada di tiga lingkungan ini gotong royong saat itu,” jelasnya. Ia berharap TPT yang sempat rusak tersebut bisa segera kembali diperbaiki oleh pemerintah dengan kualitas yang lebih bagus.

Sementara itu, Lurah Kelurahan Mekarsari Syamlawi mengatakan, setelah adanya informasi peristiwa tersebut, dirinya langsung berkoordinasi dengan unsur Muspika Kecamatan Pulomerak dan OPD terkait. “Kita langsung koordinasi ke BPBD, Kepolisian, TNI, dibantu masyarakat untuk masalah ini,” ungkapnya.

Mengenai permintaan warga tentang pembuatan TPT yang mendesak, dirinya telah menyurati OPD terkait untuk segera membangun TPT tersebut. “Secara administrasi, kami sudah melayangkan surat ke OPD terkait terutama Dinas PU. Hari ini kita sudah mendatangkan alat berat untuk merapikan, tinggal pelaksanaan pembangunan TPT,” tutupnya. (bam/ibm/ags)