Guru BK Berperan Penting Sukseskan Siswa

SERANG – Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMA, SMK, dan MA Kabupaten Serang bekerja sama dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai informasi pasca SNMPTN dan SBMPTN 2019, bertempat di auditorium Gedung B Untirta Kampus Pakupatan, Serang, (6/11).

Kegiatan itu merupakan program kerja MGBK SMA Korwil Kabupaten Serang di tahun 2019 dengan peserta guru BK dari wilayah Kabupaten dan Kota Serang, serta Kabupaten Pandeglang.

Ketua pelaksana kegiatan Yusuf Sastra Suganda menyampaikan bahwa guru BK menjadi tonggak untuk mengarahkan bagaimana siswa bisa sukses pada jenjang berikutnya. “Guru BK memberikan banyak pengentasan masalah bahkan dianggap polisi sekolah, padahal tupoksinya bukan hanya itu tapi memberikan bimbingan sosial, bimbingan moral, dan berbagi hal positif untuk para siswa,” ujar guru BK SMAN 1 Baros itu.

Ia berharap, dengan seringnya berkumpul dan melakukan banyak kegiatan positif dapat mengedukasi para guru BK sehingga dapat mengarahkan siswa dengan tepat. Ia juga mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk peningkatan kualitas dan mutu karir siswa khususnya dalam SNMPTN dan SBMPTN.

Perwakilan Kantor Cabang Dinas Wilayah Serang-Cilegon pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten Nahrawi menyampaikan bahwa jangan sampai ada kemerosotan nilai setelah SMA di bawah koordinasi provinsi. Ia mengatakan, wilayah KCD di Provinsi Banten terbagi menjadi lima cabang, yaitu wilayah Kabupaten Tangerang, Pandeglang, Lebak, dan gabungan Tangsel dan Kota Tangerang, serta gabungan Kabupaten Serang, Kota Serang, dan Kota Cilegon.

“Kegiatan ini diselenggarakan supaya guru BK memiliki satu persepsi. Di sini dikumpulkan oleh MGBK mudah-mudahan akan menjadi hasil yang baik dan tidak terjadi perbedaan pendapat,” ungkapnya.

Acara inti, yaitu pemaparan materi tentang SNMPTN, SBMPTN, dan bidik misi yang disampaikan oleh Kabag Perencanaan Kerja Sama dan Humas BAKP Untirta Roudohtul Janah. Ia menyampaikan materi evaluasi SNMPTN 2019.

Kasubag TU Pusdainfo Tri Cahyono menyampaikan materi tentang UTBK dan SBMPTN. Kabag Akademik dan Kemahasiswaan BAKP Tubagus Bahtera Rohimudin didampingi Kasubag Kemahasiswaan Herry Sandjaya menyampaikan materi tentang bidik misi. (jib/air/ira)