Guru di Kota Tangerang Diminta Bimbing Orangtua Siswa

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah dan Wakil Walikota Tangerang Sachrudin.

TANGERANG – Tak hanya dituntut mengajar siswanya, guru di Kota Tangerang wajib ”mengajar” para orang tua/wali murid. Bimbingan belajar ini dilakukan setiap Sabtu. Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan upaya tersebut untuk meningkatkan mutu pendidikan. Ditambahkan Arief, selain guru, orang tua atau wali murid pun harus punya peran maksimal dalam mengembangkan kualitas diri anak-anaknya.

“Kami ingin ada tugas tambahan. Setiap Sabtu, kepala sekolah harus bisa membimbing orang tua siswa dan mengenalkan serta mengetahui proses pendidikan anaknya,” ujar Arief di sela-sela menghadiri kegiatan pengembangan pendidik satuan pendidikan anak usia dini (PAUD) di gedung MUI Kota Tangerang, Selasa (20/8).

Arief menjelaskan, bimbingan terhadap wali murid dilakukan setiap Sabtu di seluruh lingkungan sekolah PAUD, TK, SD, dan SMP. Arief juga akan membuat Peraturan Walikota tentang guru membimbing orangtua ini. “Dengan adanya bimbingan ini, orangtua jadi tahu, apa saja program sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kota Tangerang,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Masyati Yulia menambahkan, dalam kegiatan setiap Sabtu itu, guru dapat menginformasikan segala program, aktivitas, dan kualitas anak didik kepada orang tuanya.

“Sehingga materi yang didapat di sekolah itu bisa diterapkan di rumah supaya berimbang. Karena suksesnya pendidikan anak didapat dari tiga faktor yaitu, guru, rumah, dan lingkungan,” katanya. Masyati menambakan, kegiatan guru sharing dengan orangtua dan wali murid ini sudah mulai diterapkan sembari menunggu Perwal. (one/asp/sub)