H-2 Belum Salurkan C6, KPU Kota Serang: Khawatir Masyarakat Lupa Nyoblos

0
985 views
ilustrasi (foto: Istimewa)

SERANG – Tinggal dua hari lagi pemungutan suara akan dilakukan, namun hingga hari ini, sejumlah masyarakat di Kota Serang belum meneriman surat C6 atau surat panggilan memilih dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang.

Dikonfirmasi akan hal tersebut, Ketua KPU Kota Serang Heri Wahidin menjelaskan, itu terjadi diperkirakan karena Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) khawatir masyarakat lupa hari pemungutan suara jika surat tersebut diberikan jauh dari hari pelaksanaan.

“Sebenarnya jadwal penyaluran logistik termasuk di dalamnya surat C6 dimulai 6-12 Februari. Dan mungkin mereka belum menyalurkan lantaran mereka khawatir masyarakat Kota Serang takut lupa nyimpen atau rusak dan itu akan jadi masalah lagi. Untuk itu yang terjadi sekarang masyarakat belum mendapatkan C6,” ujar Heri di ruang kerjanya hari ini, Senin (13/2).

Heri menjelaskan di Kota Serang ada 959 KPPS dan 45521 DPT. Meskipun KPU belum menyalurkan C6, menurutnya hal tersebut tidak menyalahi aturan. Sebab ini merupakan antisipasi agar surat C6 dapat digunakan saat pencoblosan. “Kalau jauh-jauh hari sudah dibagikan, takut ilang atau apa. Jadi masyarakat ga perlu khawatir jika tak mendapat C6. Kita pastika H-1 semua pemilih sudah terima C6,” katanya.

Masyarakat pun, lanjut Heri, bisa menggunakan suket untuk mengikuti pencoblosan nanti pada 15 Februari. “Sementara kami juga belum tahu berapa banyak warga Kota yang menggunakan suket. Sebab suket juga kan bukan digunakan untuk pencoblosan saja. Tapi untuk berobat di BPJS dan keperluan lainnya, jadi kami belum tahu data pastinya,” ujarnya. (Adef)