H+2, Arus Balik dari Pelabuhan Bakauheni Belum Terasa

CILEGON – Hingga hari ke-2 Lebaran kemarin, Kamis (7/7), jumlah kedatangan arus balik mudik Lebaran dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak masih belum signifikan. Di hari yang sama itu, arus keberangkatan dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera masih mengalami peningkatan dibandingkan arus balik pemudik.

Berdasarkan data perbandingan jumlah penumpang di Pelabuhan Bakeuheni, Lampung dan Pelabuhan Merak, Banten pada hari ke-2 Lebaran kemarin jumlah kedatangan penumpang dari Pelabuhan Bakauheni mencapai 47.068 orang.

“Penumpang pejalan kaki yang datang dari Pelabuhan Bakauheni kemarin sebanyak 10.028 orang, dan dalam kendaraan 37.040 orang. Masih banyak yang melakukan keberangkatan dari Merak dari pada kedatangan dari Pelabuhan Bakauheni kemarin,” ujar Mario S Utomo, Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Jumat (8/7).

Sementara itu, sopir bus lintas Pulau Jawa-Sumatera, Tabroni mengakui hingga kemarin dan saat ini angkutan penumpangnya masih banyak yang dari Pulau Jawa menuju Sumatera jika dibandingkan dari Sumatera menuju Pulau Jawa. “Mungkin lonjakan penumpang dari Sumatera yang mau ke Jawa baru akan terjadi Sabtu besok,” katanya. (Riko)