Hadapi Libur Lebaran, Telkomsel Perkuat Jaringan di Lokasi Wisata

0
1.750 views
Wisatawan sedang mengabadikan momen terbitnya matahari di Gunung Bromo, Jawa Timur, belum lama ini. Di lokasi ini jaringan Telkomsel teruji kenadalannya. Foto: Dok Telkomsel.

JAKARTA– Telkomsel melakukan peningkatan kualitas jaringan guna melayani kebutuhan komunikasi pelanggan selama periode mudik dan libur Lebaran. Optimalisasi jaringan ini dilakukan tidak hanya di titik-titik kepadatan mudik, juga di lokasi wisata. Terdapat 527 titik wisata yang sudah diidentifikasi dan diperkirakan mengalami lonjakan trafik layanan komunikasi pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

“Kualitas jaringan merupakan prioritas utama Telkomsel dalam menghadirkan layanan bagi para pelanggan, terutama pada periode libur Lebaran. Selain aktivitas mudik yang menjadi momen spesial bagi masyarakat Indonesia, aktivitas di lokasi wisata juga menjadi perhatian kami. Untuk itu, sejak jauh hari kami berupaya mengantisipasi lonjakan trafik layanan komunikasi dengan memastikan seluruh layanan berfungsi dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan di titik-titik yang dipadati wisatawan,” kata Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan melalui siaran pers, Sabtu (17/6).

Menurutnya, perilaku komunikasi wisatawan di Indonesia kini didominasi penggunaan layanan data. Tingginya penggunaan layanan data antara lain dipicu seringnya wisatawan mengunggah foto dan video aktivitas maupun panorama di lokasi wisata ke media sosial serta aplikasi pesan instan. Di samping itu, wisatawan juga memanfaatkan layanan data untuk mengakses berbagai informasi dan direktori wisata kuliner, penginapan, dan beragam aktivitas seni dan budaya yang bisa dilakukan di lokasi wisata.

Ia memperkirakan trafik layanan data atau payload di lokasi wisata pada momen libur Lebaran meningkat 32% dibandingkan hari biasa. Khusus untuk layanan 4G, peningkatan payload-nya diprediksi bisa mencapai 86% ketimbang hari biasa. Sementara trafik layanan suara dan SMS pada lokasi dan periode yang sama secara umum diperkirakan tidak berbeda dengan trafik pada hari biasa.

Untuk mengantisipasi tingginya penggunaan data di lokasi wisata, lanjut Bob, Telkomsel telah memperkuat sekitar 1.500 base transceiver station (BTS) di area sekitar lokasi berkumpulnya wisatawan di seluruh Indonesia. Lebih dari 450 BTS di antaranya merupakan BTS 4G atau eNodeB untuk menjamin kelancaran komunikasi data pelanggan.

Sementara menghadapi mudik dan libur Lebaran, Telkomsel telah mengidentifikasi sebanyak 838 hotspot atau POI (Point of Interest) yang merupakan titik keramaian aktivitas mudik dan wisata yang diprediksi akan mengalami lonjakan komunikasi yang cukup. Untuk memaksimalkan kapasitas di lokasi-lokasi tersebut, Telkomsel menyiagakan sebanyak 89 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi menggunakan layanan data.

Di sisi lain, sepanjang tahun Telkomsel terus menggelar pembangunan BTS di berbagai daerah di Indonesia yang diharapkan juga akan mendukung primanya jaringan selama libur Lebaran. Pada periode Lebaran pelanggan Telkomsel akan dilayani oleh 140.000 BTS di berbagai penjuru negeri, di mana lebih dari 60% diantaranya merupakan BTS broadband (3G dan 4G) yang mampu melayani bandwidth internet sebesar 1.687 Gbps (Giga bit per second). (Aas Arbi)