Hadapi MEA, BLK Cilegon Prioritaskan Pelatihan Komputer

BLK Kota Cilegon
Kepala BLK Kota Cilegon, Saripudin

CILEGON – Guna menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Cilegon akan mengupayakan warga Cilegon untuk memiliki kemampuan khusus dalam bidang komputer. Pasalnya, penggunaan teknologi komputer menjadi salah satu kemampuan yang dapat menjawab tantangan MEA saat ini.

Kepala BLK Kota Cilegon, Saripudin mengatakan, saat ini yang dibutuhkan dalam menghadapi MEA, masyarakat harus mempunyai kemampuan-kemampuan khusus. “Salah satu yang menjadi kemampuan yang diperhitungkan ialah kemampuan penggunaan komputer. Tapi selain komputer, kemampuan bahasa juga menjadi penting,” katanya kepada Radar Banten Online saat ditemui di kantornya, Sabtu (27/2/2016).

“Maka dari itu, pada 2016 ini, BLK Kota Cilegon akan membuka pelatihan komputer pada Maret mendatang. Pelatihan ini merupakan rangkaian program BLK yang dicanangkan pada setahun ke depan. Program lain ialah pengelasan, kemampuan menjahit, otomotif mobil, otomotif motor, dan desain grafis,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Saripudin, bagi masyarakat Cilegon yang ingin mengikuti pelatihan ini. Masyarakat bisa mengunjungi laman Facebook BLK Cilegon. Pada akun tersebut disediakan formulir pendaftarannya.

Nunu Mutmainah, anggota Himpunan Mahasiswa Cilegon di Jakarta, menilai apa yang dilakukan BLK sangat bagus. Tapi, ia berharap dalam pelatihan tersebut harus menyentuh ke semua lapisan masyarakat. Hal itu sangat penting, karena masyarakat Cilegon harus punya kemampuan-kemampuan khusus dalam menghadapi MEA. “Maka saya harap BLK harus masif dan aktif mensosialisasikanya pada masyarakat. Ini program baik jadi harus banyak diketahui publik,” ujarnya. (Ade F)