Hadapi Pandemi Covid, RPJMD Harus Selesai

Walikota Airin Rachmi Diany memberikan salam kepada awak media usai pelantikan 62 pejabat di Balaikota Tangsel, Jumat (15/5).

Tantangan 62 Pejabat yang Baru Dilantik

CIPUTAT РWalikota Airin Rachmi Diany melantik 62 pejabat struktural di Balaikota Tangsel, Jumat (15/5). Dari jumlah tersebut, 19 pejabat baru menduduki jabatan eselon III. Sisanya, menempati 39 jabatan eselon IV. Usai pelantikan, Airin mengatakan tantangan berat saat ini adalah menyelesaikan pembangunan daerah yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di tengah pandemi covid-19.

“Kota Tangsel merupakan daerah yang menjadi salah satu kota yang terdampak covid-19. Sehingga dibutuhkan perhatian lebih dalam penyelesaian masalahnya. Sementara di sisi lain, pembangunan daerah juga tetap harus berjalan,” ujarnya, Jumat (15/5).

Airin menambahkan, setiap pejabat memiliki tanggung jawab dalam pengentasan covid-19. Jadi kebijakan mengenai covid ini bukan hanya pada OPD tertentu saja. “Semua OPD bertanggung jawab dalam proses penanganan Covid-19. Ujian ini memang pertama kalinya di Indonesia. Karena itu, upaya saja tidak cukup. Sehingga, pejabat yang baru dilantik untuk tetap istiqomah,” tambahnya.

Ibu dua anak ini menuturkan, kita harus berpegang teguh pada keyakinan. Jika ujian ini akan berakhir jika upaya kita diiringi oleh ikhtiar dan tawakal. Ia berharap, pejabat yang sudah diambil sumpahnya bisa membuktikan kinerja yang baik demi kemajuan Kota Tangsel.

“Mereka diharapkan mampu menunjukkan pengabdiannya dan bertanggung jawab terhadap apa yang sudah ditugaskan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Tangsel Apendi mengaku, sebelum pelantikan tersebut Pemkot sudah mengantongi izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dari informasi yang dihimpun, para pejabat yang dilantik antara lain Rahayu Sayekti menjadi Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Dia sebelumnya menjadi Kepala Bidang Pajak Daerah II. Lalu, TB Asep Nurdin sebagai Sekdis Kominfo yang  sebelumnya sebagai Kepala Bidang Pengelolaan Teknologi Informasi, Komunikasi dan Persandian .

Syaifuddin sebagai Sekdis Pemuda dan Olahraga, Hendra sebagai Sekdis DPMPTSP, Umi Kulsum sebagai Direktur RSU Kota Tangsel, Alin Hendralin Mahdaniar sebagai Sekdis Kesehatan, Iin Sofiawati sebagai Kepala Bagian Keuangan dan Perencanaan pada Sekretariat Daerah. (asp/rbnn)