Tim futsal PLCOB Cilegon menggelar latihan rutin di lapangan futsal GOR ASA Sport Center, Cilegon, beberapa waktu.

CILEGON – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Cilegon dalam waktu dekat akan meluncurkan pemusatan pelatihan kota (pelatkot) untuk persiapan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten 2018. Atlet terbaik dari masing-masing cabang olahraga (cabor) akan menjadi acuan dasar pelatkot digelar.

Ketua Umum KONI Kota Cilegon Budi Mulyadi mengatakan, kontingen Cilegon mengusung target tinggi pada Porprov V nanti. Untuk mencapai target tersebut, diperlukan secepatnya menggelar pelatkot. “Kami sudah memulai tahapan untuk menghadapi Porprov V. Di antara tahapan itu adalah memonitor perkembangan pembinaan yang dilakukan masing-masing cabor,” kata Budi, Selasa (27/3).

Hampir semua cabor telah didatangi untuk melihat langsung proses pembinaan. Dia mengapresiasi karena cabor melakukan pembinaan dengan benar dan tidak ada hambatan apa pun. “Dari pembinaan inilah yang selanjutnya akan menjadi acuan untuk pelatkot. Dalam waktu dekat dan selambat-lambatnya pelatkot di-launching awal April nanti,” katanya.

Akan tetapi, kata Budi, hasil pelatkot tidak menjadi satu-satunya ajang pantauan pihaknya dalam mepersiapkan atlet terbaik untuk menghadapi porprov. Atlet yang tersebar di seluruh kecamatan juga terus dipantau. “Kami tidak tutup mata terhadap pembinaan dan atlet yang tersebar di seluruh kecamatan. Semua kami pantau karena Cilegon membutuhkan atlet terbaik di semua cabor,” imbuhnya.

Porprov V Banten 2018 di Kabupaten Tangerang nanti, lanjutnya, akan dijadikan sebagai tonggak kemajuan dan prestasi olahraga Cilegon. “Kami punya slogan untuk Porprov V, yaitu Satukan Tekad Raih Prestasi Menuju Cilegon Emas Porprov V Banten 2018. Slogan atau moto itu saya rasa bisa membantu memotivasi kontingen, tapi tentunya harus dibarengi dengan pembinaan sedini mungkin. Nah, pelaksanaan pelatkot merupakan salah satu rancana strategi jitu menuju prestasi di Porprov V Banten 2018,” tegas Budi.

Kepala Dispora Cilegon Teten Hertiaman menyatakan, pada gelaran multievent empat tahunan terbesar di Banten 2014 lalu yang dihelat di Kota Serang, kontingen Kota Cilegon hanya mampu finis di peringkat enam klasemen akhir dengan meraup 181 keping medali, yakni 50 emas, 53 perak, dan 78 perunggu.

Pada Porprov V di Kabupaten Tangerang tahun 2018, kontingen Kota Cilegon harus mampu merangsek ke posisi tiga besar klasemen akhir. “Dukungan pemerintah untuk pembinaan olahraga di Cilegon sudah jelas. Baik dukungan dari segi anggaran maupun saran prasarana latihan. Sudah waktunya Cilegon meraih prestasi terbaik di porprov,” ucapnya singkat. (dre/ibm/dwi/RBG)