Hadapi Ramadan dan Idul Fitri, XL Axiata Tambah Kapasitas Jaringan hingga 200 Persen

0
3705
Director & Chief Commercial Officer XL Axiata David Arcelus Oses (kiri) pada acara peluncuran program Ramadan “#BersamaJadiLebihBaik” di Jakarta, Kamis (8/4).

JAKARTA – Menyambut bulan Ramadan dan Idul Fitri tahun ini PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan dengan menambah kapasitas hingga 200 persen dibandingkan kapasitas harian. Tak hanya itu, XL Axiata juga meluncurkan sejumlah promo menarik untuk hampir semua segmen, yang meliputi produk XL, AXIS, XL Prioritas.

“Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, Ramadan yang disusul Lebaran juga selalu menjadi momen yang spesial bagi XL Axiata. Belajar dari tahun lalu, trafik penggunaan layanan sepanjang Ramadan dan Lebaran mengalami kenaikan yang signifikan, bahkan saat pandemi berlangsung dan berlaku pembatasan pergerakan masyarakat,” ungkap Direktur Komersial XL Axiata David Arcelus Oses saat konferensi pers secara virtual, kemarin.

“Tahun ini kondisi masih hampir sama dengan tahun lalu, termasuk pelarangan mudik, sehingga kami menyiapkan sejumlah promo produk yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat berbagai segmen di saat seperti sekarang. Kami berharap penawaran-penawaran kami bisa tetap membuat pelanggan produktif dan sekaligus memenuhi kebutuhan terkait aktivitas Ramadan dan Lebaran nanti,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, trafik jaringan diperkirakan akan meningkat hingga 10 persen selama Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa, dan akan meningkat lagi hingga 20 persen saat masuk masa libur Lebaran. Untuk itu, XL Axiata telah menyiapkan jaringan yang bisa mengakomodir semua peningkatan trafik tersebut dengan menambah kapasitas hingga 200 persen dibandingkan kapasitas harian.

Selain itu, lanjut dia, optimalisasi jaringan juga dilakukan dengan melihat kemungkinan pergerakan masyarakat atau pelanggan. Karena itu, kebijakan pemerintah yang melarang mudik saat Lebaran akan menjadi arahan untuk lebih memperkuat jaringan di area pemukiman, tanpa mengurangi kualitas jaringan di lokasi-lokasi wisata.

Pada kesempatan itu, David mengungkapkan layanan-layanan digital yang bisa membantu pelanggan beribadah serta bersilaturahmi diperkirakan akan banyak diakses masyarakat. Aplikasi-aplikasi yang mengediakan e-book kemungkinan akan banyak diakses guna mendapatkan Alquran atau buku-buku agama versi digital. Aplikasi yang memungkinkan masyarakat untuk bersilaturahmi secara daring juga kemungkinan akan semakin banyak diakses.

“Tradisi Ramadan dan Lebaran juga mendorong masyarakat untuk mempererat silaturahmi. Aplikasi yang memungkinkan pertemuan beramai-ramai seperti untuk sekolag daring akan dimanfaatkan juga untuk silaturahmi keluarga dan komunitas. Kemungkinan kenaikan trafik juga akan terjadi pada aplikasi-aplikasi yang menyediakan sarana hiburan dan gaya hidup, terutama treaming musik, film, video, dan game,” ungkapnya.

Untuk memanjakan pelanggan, kata David, XL meluncurkan Paket Akrab, berupa paket internet dengan kuota besar yang bisa dibagi bersama oleh anggota keluarga atau kerabat. Paket ini juga memberikan tambahan bonus kuota pribadi bagi masing-masing anggota dan akses langsung kuota unlimited untuk aplikasi WhatsApp, Google Maps, Zoom, Google Meet, Google Hangout, Google Classroom, Microsoft Teams, Office 365.

Selain itu pelanggan juga akan mendapatkan gratis menelepon dan SMS ke nomor XL dan AXIS. Penambahan anggota dan pengaturan kuota bisa dilakukan dengan mudah di Aplikasi myXL. Tersedia berbagai pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan internet pelanggan dan harga spesial hanya di aplikasi myXL. (aas)