Hadapi Slovakia, Inggris Harus Terima Hasil Imbang 0-0

Inggris Slovakia
@UEFAEuro

INGGRIS harus menerima hasil imbang tanpa gol menghadapi Slovakia pada laga terakhir fase grup B, Selasa (21/6) dini hari.

Hasil tak memuaskan ini membuat Inggris hanya mampu finis sebagai runner-up karena Wales pada waktu yang bersamaan berhasil membantai Rusia 3-0.

Mendominasi sepanjang laga dan membuat sangat banyak peluang, tak ada satu gol pun yang mampu disarangkan Inggris.

Mereka padahal menguasai laga 62-38 persen dan membuat total 6 tembakan yang semuanya sia-sia.

Sementara Slovakia tetap bermain sabar dan bertahan dengan sempurna sepanjang laga. Walau, memang tak ada satu pun peluang bersih yang mereka buat.

Performa Inggris terlihat sangat menjanjikan di babak pertama. Pergantian 6 pemain yang dilakukan Hodgson di tim inti memperlihatkan perbedaan mencolok.

The Three Lions terlihat jelas menguasai jalannya pertandingan. Serangan demi serangan sudah terlihat sejak awal pertandingan.

Pada menit-17, Inggris mendapat kesempatan emas. Umpan terobosan cantik Jordan Henderson mampu dikejar Jamie Vardy yang tinggal satu lawan satu dengan kiper.

Sayang, sepakan Vardy masih bisa ditahan oleh kiper Slovakia, Matus Kozacik dengan sempurna.

Slovakia sama sekali kesulitan dan tak punya waktu untuk melakukan serangan karena Inggris yang sangat bersemangat memborbardir pertahanan mereka.

Pada menit ke-34, giliran Adam Lallana yang membuat peluang bersih. Namun, Kozacik lagi-lagi jadi pahlawan setelah tendangan voli keras Lallana mampu ditepis dengan sempurna. Babak pertama berakhir dengan skor kaca mata.

Pada babak kedua, tak ada banyak perubahan terjadi. Inggris masih terus mencoba melakukan serangan demi serangan.

Sayangnya, tak satu pun yang efektif dan mampu menembus jala gawang Slovakia. Mencoba memasukkan Dele Alli dan Wayne Rooney, tak ada perubahan signifikan.

Slovakia bertahan sangat disiplin dan sabar. Mereka benar-benar berhasil membuat barisan penyerangan Inggris frustrasi.

Daniel Sturridge akhirnya digantikan oleh Harry Kane. Striker Liverpool ini tak bisa berbuat banyak melawan Slovakia yang sangat ketat pertahanannya.

Bek sekaligus kapten Slovakia, Martin Skrtel, wajib mendapat pujian pada laga ini mengetahui kesempurnaan dia dalam bertahan dan menjaga garis pertahanan timnya.

Terus menekan sepanjang pertandingan, tak ada satu gol pun yang berhasil dibuat Inggris. Skor 0-0 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Susunan Pemain

Slovakia (4-5-1): Kozacik; Hubocan, Durica, Skrtel, Pekarik; Weiss (Skriniar 78′), Hamsik, Pecovsky (Gyomber 67′), Kucka, Mak; Duda (Svento 57′)

Inggris (4-3-3): Hart; Bertrand, Smalling, Cahill, Clyne; Wilshere (Rooney 56′), Dier, Henderson; Lallana (Alli 60′), Vardy, Sturridge (Kane 75′)

(rap/JPG)