Toni Kroos usai membobol gawang Olsen.  

JERMAN secara dramatis mampu mengalahkan Swedia di Stadion Olimpiyskiy Fisht, Sochi, Minggu (24/6) dini hari WIB. Pada laga  penyisihan grup F ini,  Jerman menang 2-1. Gol kedua dilesakkan pada menit 90+5 oleh Toni Kroos ke sisi kanan gawang Swedia yang dijaga Olsen.

Kemenangan di menit akhir ini disambut haru oleh pendukung Der Panzer. Mereka awalnya terlihat pasrah dan sepertinya harus menerima kenyataan bahwa pertandingan akan berakhir imbang, 1-1. Namun  dewi keberuntungan masih berpihak pada Der Panzer. 

Di babak awal, Jerman yang lebih banyak menyerang justru kebobolan lebih dulu di menit 32. Lewat skema serangan balik, Swedia unggul berkat gol Ola Toivonen. Berbagai cara terus dilakukan Thomas Mueller Cs untuk menyamakan keadaan. Namun hingga babak pertama selesai, skor 1-0 tidak mengalami perubahan.

Sekembalinya dari masa istirahat, Jerman langsung bisa menyeimbangan kedudukan. Lewat sentuhan kaki Marco Reus, skor akhirnya berubah 1-1 di menit 48.

Gol tersebut meningkatkan kepercayaan diri Jerman untuk bermain lebih agresif. Tekanan terus mereka berikan ke jantung pertahanan Swedia. Namun usaha Jerman selalu terhalang oleh ketangguhan Robin Olsen di bawah mistar gawang.

Pada menit 82, Jerman harus bermain dengan 10 orang menyusul dikeluarkannya Jerome Boateng karena sudah menerima dua kartu kuning. Untungnya keadaan tersebut tak bisa dimanfaatkan oleh Swedia. Meski unggul jumlah pemain, tim asuhan Janne Andersson gagal menyarangkan si kulit bundar ke gawang Manuel Neuer.

Di menit 88, aksi gemilang Olsen kembali menghiasi pertandingan ini. Secara mengejutkan ia mampu menepis sundulan Mario Gomez dari jarak dekat.

Tak lama berselang, giliran tiang gawang yang menyelamatkan Swedia. Padahal bola yang ditendang Julian Brandt sudah tidak bisa digapai oleh Olsen.

Jelang laga usai, Swedia akhirnya kecolongan. Tepatnya menit 90+5 Toni Kroos berhasil mengubah keadaan jadi 2-1. Dari sisi kanan gawang, Kroos melepaskan sepakan melengkung yang tak bisa ditepis oleh Olsen.

Berkat kemenangan ini, Jerman masih berpeluang lolos ke babak 16 besar. Untuk sementara Jerman dan Swedia sama-sama mengantongi tiga poin. Laga penantuan akan digelar pada 27 Juni 2018 mendatang dimana Jerman akan bertarung melawan Korea Selatan, sementara Swedia bakal bentrok dengan Meksiko. (Bep/JPC/JPG)

Susunan pemain:

Jerman (4-2-3-1): Neuer; Kimmich, Rudiger, Boateng, Hector (Brandt 87′); Rudy (Gundogan 31′), Kroos; Mueller, Draxler (Gomez 46′), Reus; Werner.

Swedia (4-4-2): Olsen; Lustig, Lindelof, Granqvist, Augustinsson; Forsberg, Ekdal, Larsson, Claesson (Durmaz 74′); Toivonen (Guidetti 78′), Berg (Thelin 90′).