Hajar Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang Buka Futsal U-17 Banten dengan Gairah

0
1320
Ketua Asosiasi Futsal Provinsi Banten Yosa Sayata saat membuka Kejuaraan Daerah (Kejurda) Futsal U-17 Provinsi Banten di lapangan futsal Radar Arena. FOTO: BAYU MULYANA

SERANG – Pertandingan pembuka Kejuaraan Daerah (Kejurda) Futsal U-17 Provinsi Banten antara tim futsal Kabupaten Tangerang melawan tim futsal Kabupaten Serang di lapangan futsal Radar Arena berlangsung sengit. Bermain dengan penuh gairah, tim futsal Kabupaten Tangerang berhasil membuat lawannya babak belur dengan skor akhir 4-0.

Sejak pluit panjang tanda mulainya pertandingan ditiupkan oleh wasit Ruly Sonata, kedua tim langsung menunjukan permainan ngotot. Jual beli serangan terjadi antara tim asuhan Rival Saputra (Kabupaten Serang) dan Hadiyanto (Kabupaten Tangerang).

Berjalan tiga menit, Kabupaten Tangerang mengancam gawang Kabupaten Serang dengan sontakan keras kaki Ichwandi Adi. Sayangnya tendangan pemain dengan nomor punggung 13 tersebut berhasil dihadang oleh Fadillah Raditya.

Jual beli serangan pun kembali terjadi, sayangnya kedua tim belum berhasil memecah kebuntuan. Baru pada menit ke-13 Kabupaten Tangerang berhasil membobol gawang Kabupaten Serang. Tendangan keras Ichwandi Adi tak mampu dihalau Fadillah.

Selang satu menit 40 detik, petaka kedua menimpa Kabupaten Serang. Lagi-lagi sontakan keras kaki kanan Ichwandi setelah berhasil melewati penjagaan pemain belakang Kabupaten Serang merobek gawang tim biru-biru tersebut. Kedudukan 2-0 untuk keunggulan Kabupaten Tangerang pun berakhir hingga pluit panjang tanda babak pertama selesai melengking.

Masuk pada babak kedua, Kabupaten Serang tampil lebih menekan. Gairah remaja para punggawa asuhan Rival Saputra tersebut membuat Ichwandi dan kawan-kawan ketar ketir menjaga pertahanan.

Alih-alih mengejar ketertinggalan, pada menit 17, Gusti Wahyu berhasil membuat Kabupaten Serang tertinggal lebih jauh. Pemain nomor punggung 10 tersebut berhasil melanjutkan bola bersarang ke gawang setelah lepas dari hadangan penjaga gawang Kabupaten Serang.

Pertandingan pun berlanjut lebih keras. Itu terlihat dari banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh kedua tim. Berdasarkan catatan official, pada babak kedua Kabupaten Serang melakukan pelanggaran sebanyak lima kali dan salah satunya berujung pada kartu kuning. Sedangkan Kabupaten Tangerang melakukan tiga kali pelanggaran dengan berujung pada dua kartu kuning.

Masuk pada menit 19, Ichwandi memantapkan kemenangan Kabupaten Tangerang dengan satu lagi tambahan gol. Gol tersebut pun menjadi gol ketiga Ichwandi pada pertandingan tersebut. Hingga pluit pajang tanda berakhirnya babak kedua tidak ada lagi gol. Pertandingan berakhir dengan skor 4-0 untuk kemenangan Kabupaten Tangerang.

Ketua Asosiasi Futsal Provinsi Banten Yosa Sayata mengungkapkan, Kejurda Futsal U-17 Provinsi Banten tahun diikuti oleh enam tim dari enam kabupaten kota di Provinsi Banten. Dua daerah yang tidak mendelegasikan tim futsalnya pada ajang ini yaitu Kota Tangerang Selatan dan Kota Tangerang. “Belum jelas alasannya apa, katanya tidak ada anggaran,” ujar Yosa saat ditemui sesaat sebelum pembukaan turnamen, Sabtu (22/4).

Kejurda ini sendiri menurut Yosa akan berlangsung dari hari ini hingga 7 Mei 2017 mendatang pada setiap hari Sabtu dan Minggu.

Seluruh daerah yang mendelegasikan timnya dibagi ke dalam dua grup, grup A diisi oleh Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, dan Kota Serang. Sedangkan grup B diisi oleh Kota Cilegon, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Pandeglang. “Nanti seluruh daerah akan saling bertemu. Setelah itu dua tim yang berada di posisi satu dan dua di masing-masing grup akan masuk pada tahap semifinal dengan sistem silang. Posisi satu di grup A akan melawan posisi dua di grup B, begitu sebaliknya. Dan pemenangnya nanti yang akan masuk ke final,” paparnya.

Dikatakan Yosa, ajang ini diselenggarakan untuk mengembangkan minat dan bakat pemuda di Provinsi Banten dalam bidang olahraga futsal. Awalnya, turnamen ini dibentuk sebagai ajang untuk menyaring bakat futsal pemuda di Banten dan membentuk tim futsal Banten yang akan dikirim ke Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas).

“Ternyata di Popnas gak dipertandingkan, tapi tetap kita selenggarakan sebagai wadah pemain di kabupaten/kota,” katanya.

Dalam tahun ini, sambung Yosa, selain Kejurda U-17 rencananya, AFP Banten pun akan menggelar kejurda untuk usia U-20 dan U-23. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)