SERANG – Hakim Pengadilan Negeri Serang, Josephine Rotua Situmorang (50),ditemukan meninggal dunia dalam rumah dinasnya di Jalan Ki Sochari, Kota Serang, Rabu (25/11) pagi. Hakim ini ditemukan meninggal dalam posisi duduk di ruang kerja menghadap laptop.

Sementara ini, penyebab kematian belum jelas. Untuk proses penyidikan, pihak kepolisian membawa jasad korban ke RSUD Serang untuk diotopsi.

Informasi di lokasi kejadian, jenazah ibu hakim ini pertama kali ditemukan oleh Louise Betty, rekan kerja sesama hakim di PN Serang, sekira pukul 06.30 WIB. Kedatangan Betty bertujuan menandatangani berkas perkara. Pagi tadi, Betty tidak bertemu dengan korban di PN Serang. Dihubungi melalui ponselnya, tidak ada jawaban dari korban.

Karena curiga, Bettypun bergegas ke rumah dinas korban untuk memastikan kondisi rekannya itu. Ketika sampai di rumah dinas, Betty mendapati pintu rumah dinas korban dalam keadaan terkunci.

Dengan menggunakan kunci cadangan yang dia pegang, Betty pun langsung membuka pintu dan mendapati rekannya dalam posisi duduk di kursi meja kerjanya. Namun diketahui kondisi rekan kerjanya itu sudah tidak bernyawa.

Peristiwa itu pun langsung dilaporkan kepada rekan kerja lainnya. Bahkan sejumlah hakim menghungi aparat kepolisian. Petugas yang tiba di lokasi langsung melakukan penyidikan dan mayat korban langsung dilarikan ke RSUD Banten untuk proses penyidikan.

Hakim PN Serang yang merupakan salah satu sahabat korban, Rian Hendri Sibarani mengatakan tidak mengetahui penyebab kematian korban. “Rasanya beliau tidak punya riwayat penyakit apa-apa,” ungkapnya ditemui di lokasi kejadian, Rabu (26/11/2014). (Wahyudin)***