Halaman Rumah Bakal Jadi Kebun Sayur

0
227 views

CIKEUSAL – Warga Kampung Bangkong, RW 03, Desa Sukarame, Kecamatan Cikeusal, bakal memanfaatkan halaman rumahnya menjadi kebun sayur mini. Saat ini, 300 bibit tanaman sayur tengah disemai. Kampung ini diproyeksikan menjadi kampung yang kuat ketahanan pangannya pada Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020.

Jalanan di kampung ini rusak dan berkerikil. Sampah plastik juga masih berserakan. Namun, warga optimistis bisa mengubah kondisi kampungnya itu menjadi lebih bersih. Penghijauan juga akan dilakukan warganya.

Untuk membuat kampung ini hijau, Ketua RW 03 Rusmin mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan bibit sayur. Saat ini masih fase penyamaian.

”Nanti bakal kita sebar ke pekarangan rumah warga,” kata Rusmin yang juga Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Sukarame, Selasa (13/10).

Bibit tanaman sayur yang tengah disemai adalah cabai, tomat, dan terong. Tanaman itu dipilih Rusmin karena keinginannya untuk menjaga ketahanan pangan warga Rw 03 di masa krisis akibat pandemi Covid-19.

”Daripada beli bahan masakan ke warung, kan lebih baik langsung petik di pohonnya,” ujar lelaki berkacamata itu.

Rusmin bersama warganya juga tengah membuat pagar dari bambu untuk memagari jalan di kampungnya sepanjang 300 meter. Pagar merupakan hasil swadaya warga. ”RW 03 harus menjadi juara,” tegasnya.

Kepala Desa Sukarame Nana Sunarya mengaku bangga dengan semangat dan kekompakan warganya, termasuk di RW 03 yang bakal dihijaukan. ”Ide penataannya bagus, menanam tumbuhan yang bermanfaat,” katanya.(mg06/don)