Hampir Dua Jam Melakukan Pertemuan Tertutup, Ini Yang Dibahas Rano-Embay Dan Kiai Ma’ruf Amin

0
497 views

SERANG – Kurang lebih selama dua jam, Calon Gubernur Banten dan Calon Wakil Gubernur Banten Rano Karno dan Embay Mulya Syarif melakukan pertemuan tertutup dengan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Kiai Haji Ma’ruf Amin di Pondok Pesantren An Nawawi Tanar Kabupaten Serang Selasa malam (7/2).

Rano-Embay bersama Kiai Haji Ma’ruf Amin melakukan pertemuan tertutup kurang lebih sejak pukul sembilan malam hingga 22:39 WIB. Awak media tidak diperkenankan mengabadikan pertemuan tersebut.

Hingga pertemuan selesai, awak media pun tidak bisa menemui ulama besar yang mejabat Ketua Majlis Ulama Indonesia (MUI) tersebut. Hanya Rano-Embay yang bisa dimintai keterangan oleh awak media.

Saat ditanya pembahasan pertemuan tersebut, Rano Karno menjelaskan, pertemuan tersebut dimanfaatkannya untuk memcurahkan sejumlah persoalan yang dihadapinya saat ini. Salah satunya yaitu tudingan yang menyebut dirinya bagian dari PKI.

“Sebagai anak saya berkeluh kesah saja, kata beliau. Itu biasa dalam hidup. Alhamdulillah saya bangga dan bahagia, tadi saya laporan ke beliau, beliau tertawa saja, ini fitnah dimana-mana, nanti saya bilang ayah kamu itu di Lesbumi,” ujar Rano didampingi Embay, Selasa (7/2).

Rano mengaku diminta bersabat oleh Kiai Haji Ma’ruf Amin. “Dia bilang sabar saja ini bagian yang mesti dilalui. Beliau kenal Jamaludin Malik, Usmar Ismail, dia bilang bapakmu temenku, bapak mu itu di Lesbumi bukan di Lekra,” ujarnya.

Selain membicaraksn tudingan PKI, menurut Rano, dalam pertemuan enam mata tersebut membicarakan situasi Banten. “Kita minta doa, minta nasehat. Udah lama saya ngin bertemu, tapi karena beliau sibuk baru bisa sekarang,” katanya. (Bayu)